IBI Diminta Tingkatkan Kinerja Atasi Tingginya Kasus Kematian Ibu dan Bayi di Sulteng

  • Whatsapp

PALU, PALUEKSPRES – Gubernur Sulawesi Tengah, yang diwakili Pj. Sekdaprov H. Mulyono SE,Ak, MM meminta agar Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sulteng sebagai organisasi profesi bidang kesehatan sebagai mitra kerja pemerintah daerah untuk berperan sangat aktif dan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan.

“Masih tingginya kasus kematian ibu dan bayi di provinsi Sulawesi Tengah serta rendahnya minat keluarga untuk mengikuti program keluarga berencana dapat menjadi potret sekaligus tolak ukur bagaimana gambaran pelayanan kesehatan ibu dan anak serta KB di lapangan,” demikian Sekdaprov Sulteng, H. Mulyono SE,Ak,MM dalam rilisnya yang diterima Palu Ekspres, Senin malam (28/6/2021).

Bacaan Lainnya

Mulyono berharap setiap individu bidan bisa merefleksikan diri dan berpacu meningkatkan kompetensi supaya dapat memberikan pelayanan KIA-KB serta kesehatan reproduksi yang sesuai dengan koridornya dan juga sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan

Menurutnya, kehadiran IBI sangat menentukan keberhasilan visi “gerak cepat menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju” yang ditekankan pada misi meningkatkan kualitas manusia provinsi sulawesi tengah, melalui layanan kesehatan dasar.

“Saya mengingatkan kepada para bidan untuk meningkatkan fungsi dan perannya sebagai komponen pembangunan dalam rangka mensukseskan pembangunan kesehatan daerah,” ujar Mulyono, saat memberi sambutan peringatan HUT IBI ke-70 pada 28 Juni 2021 di Palu.

Pemerintah daerah kata Mulyono juga berharap IBI bersama organisasi profesi kesehatan lainnya dapat berkolaborasi meningkatkan derajat kesehatan ibu dan bayi di Sulawesi Tengah serta dapat melakukan monitoring evaluasi bersama-sama dinas kesehatan daerah dan juga memberdayakan masyarakat melalui edukasi kesehatan.

Ikatan Bidang Indonesia (IBI) Provinsi Sulawesi Tengah merayakan HUT ke-70 yang mengangkat tema “optimalisasi peran bidan pada pelayanan KIA-KB dan kesehatan reproduksi dalam mendukung penguatan pelayanan primer” yang dirangkaikan dengan peringatan hari lanjut usia nasional (HLUN).

Ketua Panitia Hj. Agustina Gosal SKM,S.Tr.Keb mengatakan tujuan terselenggaranya peringatan HUT IBI sebagai penguatan organisasi profesi melalui konsolidasi mulai dari tingkat pusat sampai daerah.

Pos terkait