Free Guy, Aksi Seru Karakter Video Game yang ‘Hidup”

  • Whatsapp


Oleh Jeri Wongiyanto (Pengamat Film)

FILM dengan setting video game, makin digemari pecinta film, terlebih para gamers. Film animasi Wreck It Raplh (2012) juga Ready Player One (2018) mendapat box office dengan pemasukan yang fantastis.

Kini sedang tayang di bioskop “Free Guy”, salah satu film yang paling ditunggu para gamers. Rencana rilisnya pada 2020, namun karena pandemic covid 19 jadi tertunda beberapa kali. Kini kita bisa menyaksikan aksi keren Ryan Reynolds yang berperan sebagai Guy. Film ini memang berkisah tentang Guy, seorang teller bank yang hidupnya hanya sebagai pelengkap atau NPC (Non Player Character) dalam sebuah video games berjudul Free City.

Sebagai NPC, hidup Guy hanya dikendalikan oleh kode computer, bukan para gamers. Tidak disangka kemudian karakter Guy justru hidup dengan sendirinya dalam video game ini. Para gamers dibuat heboh dengan kemunculan Guy yang justru makin dikenal sebagai pribadi yang baik, sementara para pemain memerankan karakter karakter jahat.

Kekacauan ini membuat Antwan (Taika Waititi) CEO developer game Free City ingin menutup game ini. Guy akhirnya menyadari bahwa ia bukanlah manusia, juga bukan seorang karakter game, dirinya hanya NPC yang melawan pemilik perusahaan gamenya sendiri. Guy hanya memiliki waktu 2×24 jam untuk menyelamatkan Free City dari malapetaka.

Menyaksikan film ini, penonton diingatkan pada film The Truman Show (1988). Keduanya mirip, hanya saja berbeda setting saja. Keduanya mengisahkan kehidupan yang direkayasa. Hanya saja kisah Guy lebih berkembang menjadi karakter video game yang lebih heroik.

Kisah Guy memang menarik ditonton. Skenario yang kuat ditulis Matt Lieberman dan Zak Penn penuh kejutan. Banyak tokoh selain Guy diberi ruang yang cukup pas, sehingga semuanya berkesan.
Sutradara Shawn Levy memberi lompatan luar biasa untuk film ini, hampir semua setting dan elemen video game yang ngetop ditampilkan, pasti penonton bisa menerka dan menebaknya. Shawn benar-benar membuat film ini bernilai lebih, menjadi menyenangkan dan seru banget.
Yang menarik karakter-karakter NPC yang ditampilkan, yang tidak terpikirkan oleh para gamers, bagaimana kehidupan mereka sebenarnya. Keseruan film ini juga didukung oleh para pemeran lainnya yang bermain bagus, Selain Ryan Reynolds, ada Jodie Comer sebagai Millie dan Joe Keery sebagai Keys. ***

Pos terkait