FKUB Harus harus Makin Rekatkan Umat Beragama

  • Whatsapp
Bupati Parimo Samsurizal
adv

PARIMO, PE – Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu berharap kerukunan umat di daerah itu makin terjalin erat. Upaya itu salahsatunya menjadi tugas forum kerukunan umat beragama (FKUB). FKUB menurutnya adalah sentral yang paling berperan dalam mewujudkan hal tersebut.

Harapan ini ia kemukakan saat mengukuhkan FKUB Parimo, Selasa (28/3) di kantor Bupati Parimo.

Bacaan Lainnya

FKUB kata Samsurizal, punya tugas dan tanggungjawab yang tidak ringan dalam rangka mengeratkan kerukunan antar umat beragama. Apalagi ditengah upaya-upaya yang dilakukan pihak tertentu yang mengancam kerukunan antar umat beragama.

“Saya berharapkan melalui Forum ini, kerukunan antar umat beragama di daerah akan semakin erat. Marilah kita memupuk kebersamaan, bukan mencari perbedaan,”kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, Samsurizal mengisahkan pengalamannya sewaktu aktif menjadi anggota TNI. Dia pernah mendapat tugas sebagai pengamat militer di Irak.  Dalam sebuah konflik antara penganut Suni dan Syiah, syamsurisal mengalami langsung situasi keamanan yang tidak kondusif.

Padahal konflik itu terjadi antar sesama penganut Islam. Dalam situasi itu ia bersama pengamat militer lainnya diamankan di salah satu gereja di negara tersebut. Namun menariknya patut dicontoh kata Samsurizal adalah ketika umat muslim hendak melakukan salat Jumat. Mereka justru menggunakan pengeras suara milik gereja untuk mengumandangkan azan.

“Peristiwa itu membuktikan betapa tingginya kerukunan antar umat beragama di negara Irak. Hal semacam ini tentunya patut kita contohi dalam kehidupan bermasyarakat,”jelasnya.

Diapun mengapresiasi dan memberi penghargaan yang tinggi pada para tokoh agama yang telah bersedia menjadi pengurus FKUB selama lima tahun kedepan.

Untuk diketahui, FKUB Parimo diketuai H Abdul Djalil G Bua dari tokoh agama Islam didampingi oleh Andreas Heatubun, SH dari tokoh agama Katolik sebagai Wakil Ketua I dan Made Suwila, SPd, MSi dari tokoh agama Hindu sebagai Wakil Ketua II.

Sekretaris dijabat Verningsi Mpou Lamana, SPd dari tokoh agama Islam dan Wakil Sekretaris dijabat oleh Pdt Michael Mamahit, STh dari tokoh agama Kristen. Kepengurusan FKUB itu juga dilengkapi dengan beberapa anggota dari masing-masing agama. Acara pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekkab dan beberapa kepala SKPD di lingkup Pemkab Parimo.

(*/humas)

Pos terkait