15 Finalis Paparkan Inovasinya pada Tahap Akhir Ajang ASN Idola Pemkot Palu

  • Whatsapp
Tahap wawancara dan paparan inovasi finalis ASN idola Pemkot Palu, Kamis 25 November 2021 di Ruang Rapat Bappeda Palu/foto: Hamdi Anwar/PE

PALUEKPRES,PALU – Ajang pemilihan Aparatur Sipil Negara Idola (ASN Idol) lingkup Pemkot Palu, Kamis 25 November 2021 memasuki tahap wawancara dan paparan inovasi. Ini menjadi tahap akhir dalam pemilihan ASN Idola tersebut.

Dalam tahap ini sebanyak 15 ASN yang lolos memaparkan inovasi, dedikasi dan profesionalisme sepanjang perjalanan karirnya sebagai ASN di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang di tempati.

Bacaan Lainnya

Inovasi, dedikasi dan profesionalisme tersebut dipresentasikan di hadapan para juri yang merupakan tim seleksi ASN idol. Presentase digelar di ruang rapat Kantor Bappeda Palu.

Lima juri masing-masing Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, H Asri, Asisten III Pemkot Palu Imran Lataha, Kepala Bappeda Palu, Arfan, Sekretaris Bappeda Palu, Ibnu Mundzir dan Kabag Organisasi Sekretariat Daerah Palu, Ahmad Rijal Arma serta Kepala Bidang Pengembangan dan Kesejahteraan Aparatur BKPSDMD Kota Palu, Fitri Kenedi Mastura.

Sekretaris Bappeda Palu, Ibnu Mundzir menjelaskan, terdapat tiga kategori seleksi ASN Idola. Masing-masing kategori umum, kategori pendidikan dan kesehatan.

“Masing-masing kategori diikuti lima ASN yang dalam dalam babak ini,”kata Ibnu Mundzir.

Nantinya kata Ibnu, akan ditetapkan tiga besar finalis ASN untuk masing-masing kategori. Selanjutnya dari tiga besar tersebut, akan dipilih satu ASN sebagai terbaik pertama untuk masing-masing kategori tersebut.

Sementara itu Kabid Pengembangan dan Kesejahteraan Aparatur BKPSDMD Palu, Fitri Kenedi Mastura mengemukakan, penilaian dalam ajang ini ditetapkan untuk masing-masing kategori adalah terkait sikap/etika dan penampilan. Lalu makalah dan paparan serta tanya jawab langsung dengan para tim seleksi.

Topik tanya jawab, kata Fitri masing-masing akan dibagi kepada tim seleksi. Yakni berkaitan dengan pengetahuan umum, Korpri dan wawasan kebangsaan, perencanaan daerah menyangkut visi misi dan program unggulan daerah. Kemudian tugas dan fungsi serta terkait kepegawaian.

“Hasil tanya jawab itu akan mendapatkan poin dari masing-masing tim seleksi,”jelasnya.

Jumlah ASN yang ikut dalam ajang ini sebanyak 64 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing OPD Pemkot Palu

Sebelumnya Senin 15 November 2021 di Ruang Bantaya Kantor Wali Kota Palu para finalis telah melewati tahap wawancara awal.

Berdasarkan surat dewan pengurus Korpri Palu, ada empat tahapan yang dilakukan dalam ajang ASN idola ini. Tahap 1 adalah penyampaian usulan dari masing masing OPD dimulai 8 sampai 10 November 2021.

Tahap 2 untuk seleksi psikotes pada 11 dan 12 November 2021. Lalu tahap wawancara dan paparan inovasi pada 15 sampai 17 November 2021 dan diakhiri dengan pengumuman dan penerimaan hadiah pada 29 November 2021 mendatang.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran Lataha sekaligus Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Palu, pemilihan ASN Idola yang dikemas dengan tema lomba ASN idol ini dikhususkan bagi ASN dalam jabatan pelaksana atau staf. Di luar dari ASN dalam jabatan pengawas, administrator maupun jabatan tinggi pratama.

Selain untuk memperingati HUT Korpi, pemilihan ASN Idola juga bertujuan untuk meningkatkan inovasi, dedikasi, serta profesionalisme ASN di lingkungan Pemkot Palu.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi ASN untuk ikut dalam ajang ASN Idol tersebut antara lain usia maksimal 50 tahun saat mendaftar. Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dibuktikan dengan surat keterangan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dari OPD.

Lalu masa kerja minimal lima tahun, memiliki dedikasi dan semangat untuk melakukan perubahan atau inovasi, dan kehadiran dinyatakan baik dibuktikan dengan surat pernyataan dari OPD.

Jumlah ASN yang ikut dalam ajang ini sebanyak 64 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing OPD Pemkot Palu.

Usai menjalani psikotes, peserta akan dipilih 15 orang untuk lanjut ke tes berikutnya yakni tes wawancara. Setelah itu, akan dipilih 10 ASN terbaik dalam Lomba ASN Idol.

“10 ASN terbaik tersebut akan diumumkan pada perayaan HUT KORPRI ke-50 tingkat Kota Palu mendatang,”jelas Imran. (mdi/pe)

Pos terkait