Peringati Hari Jadi Ke-22, Pertumbuhan Ekonomi Morowali Tertinggi Nasional di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Upacara peringatan HUT ke-22 Kabupaten Morowali dilaksanakan di Alun-alun Kantor Bupati Morowali. Foto: Kiriman Iqbal Mirza

PALUEKSPRES, MOROWALI– Kabupaten Morowali memperingati hari jadinya yang ke- 22 dengan tema “ Morowali Untuk Indonesia “ dengan harapan sebagai salah satu daerah penyumbang devisa negara serta salah satu daerah tujuan pencari kerja dan diharapkan terus memberi kontribusi bagi perekonomian Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengan dan Nasional.
“Peringatan hari jadi ke- 22 tahun ini merupakan tahun ke- 3 periode pemerintahan kami sebagai bupati dan wakil Bupati Morowali periode 2018 -2023,” kata Bupati Morowali Drs Taslim diawal amanatnya saat menyampaikan sambutannya pada peringatan HUT ke-22 Kabupaten Morowali, Minggu (5/12/2021), di alun-alun kantor Bupati Morowali.
Menurut Bupati Morowali, amanah ini tidak mudah karena besarnya harapan masyarakat dititipkan pada pasangan Bupati dan Wakil Bupati, Taslim-Nadjamudin untuk menyelesaikan permasalahan sosial ekonomi masyarakat . Namun, Bupati Taslim percaya permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan dukungan dan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat dan para pemangku kepentingan pembangunan yang ada di Morowali.
Sejak tahun 2020 hingga saat ini lanjutnya, kondisi perekonomian nasional mengalami kontraksi akibat pandemi Covid- 19 dan berdampak pada kebijakan pembangunan baik di pusat maupun di daerah. Namun berbeda di Kabupaten Morowali, kita mampu menghadapi kondisi pandemi ini dengan capain indikator makro daerah sebagai berikut. Perekonomian Morowali menunjukkan capaian yang cukup baik dengan laju pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia tahun 2020 sebesar 28,93. Indeks Pembangunan manusia (IPM) sebesar 72,22 persen berada di urutan ke dua di Sulteng setelah Kota Palu, serta turunnya angka kemiskinan dari 13,75 persen di tahun 2019 menjadi 13,43 persen di tahun 2020.
Di akhir amanatnya, Bupati Morowali mengucapkan terima kasih kepada para pejuang Kabupaten Morowali yang telah mengorbankan pikiran, waktu dan materi hingga lahirnya kabupatan yang kita cintai ini.
HUT ke- 22 Kabupaten Morowali ini dihadiri perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sulteng, Bupati Morowali Utara, DR dr Delis H Hehi, perwakilan kabupaten/ kota se – Sulteng, ketua DPRD Kabupaten Morowali, wakil Bupati Morowali, Forkopimda Kabupaten Morowali, tokoh agama,tokoh masyarakat, dan ASN Kabupaten Morowali. (Kiriman Iqbal Mirza/bid/paluekspres)

Pos terkait