Aspekindo Beberkan Masalah Masyarakat Daerah Kepulauan dan Pesisir di Indonesia

  • Whatsapp
Wapres KH Maruf Amin saat menerima laporan Aspekindo di Istana Wapres Rabu (19/1/2022) foto: Setwapres/PaluEkspres

PALUEKSPRES,JAKARTA- Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) Andi Harun melaporkan bahwa saat ini sebagian besar penduduk miskin di tanah air didominasi oleh penduduk di wilayah kepulauan dan pesisir.
 
“Karena ada kurang lebih 120 juta jumlah penduduk kita di daerah kepulauan dan pesisir, artinya jumlah orang miskin kita itu lebih banyak di daerah kepulauan dan pesisir,” papar Andi Harun saat beraudiensi dengan Wakil Presiden KH Maruf Amin, Rabu (19/1/2022).

Untuk itu, melalui Wapres Aspekindo bersama jajarannya berharap para penduduk di wilayah kepulauan dan pesisir dapat memperoleh perhatian dalam seluruh aspek pembangunan.

Bacaan Lainnya

Pemprov Sulteng

“Mohon melalui Bapak Wakil Presiden, warga bangsa kita yang tinggal di sana, kita harus proteksi, kita harus advokasi agar mereka memiliki pemberdayaan baik secara sosial, ekonomi, maupun semua sektor pembangunan,” harapnya.

Selain masalah penduduk, pada kesempatan ini Andi juga melaporkan bahwa luas daratan Indonesia tiap tahun terus mengalami penurunan, di sisi lain gelombang laut juga terus meninggi.

“Terbukti secara faktual sudah banyak daerah-daerah kepulauan dan pesisir kita yang dulu dihuni (tetapi) sekarang tenggelam,” ujarnya.

Terkait hal ini, ia pun mengusulkan pada pemerintah agar paradigma perencanaan pembangunan nasional juga turut berbasis pada perencanaan pembangunan laut.

“Paradigma perencanaan pembangunan nasional kita itu masih berbasis perencanaan darat, kita belum fokus pada basis perencanaan pembangunan kelautan,” tuturnya.

Pemprov Sulteng

Pos terkait