Wapres Soroti Meningkatnya Penyebaran Omicron, Minta Percepat Penanganan

  • Whatsapp
Wapres KH Maruf Amin saat memimpin rapat terbatas

PALUEKSPRES, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin secara khusus menyoroti penyebaran varian Covid-19 Omicron yang dalam beberapa hari terakhir meningkat pesat, bahkan telah menyebabkan kematian. Hal itu disampaikan Wapres saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Senin (24/01/2022).

“Ini walaupun sekali lagi tingkat keparahan varian Omicron ini lebih ringan dibanding dengan Delta, tapi kalau jumlah bertambah terus, potensi penularan kepada, terutama yang komorbid, maka ini juga akan memberikan tekanan kepada fasilitas tenaga kesehatan yang ada. Karena itu, seperti apa kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan itu,” tegas Wapres dalam arahannya.

Bacaan Lainnya

Pemprov Sulteng

Wapres mengatakan kesiapan tersebut di antaranya dapat dilakukan dengan memperkuat tracing pada masyarakat. Terlebih, dengan adanya peningkatan penyebaran melalui transmisi lokal.

“Terkait dengan peningkatan jumlah tes, tracing, mengingat mereka yang terpapar varian omicron ini kebanyakan OTG (Orang Tanpa Gejala) dan juga orang yang komorbid, sakit ringan, ini berpotensi besar untuk memicu penularan berkelanjutan di masyarakat,” ujar Wapres.

Di sisi lain, percepatan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat juga harus diakselerasi. Selain untuk kategori dewasa, akselerasi pun harus dipacu untuk para lansia dan anak-anak.

Pemprov Sulteng

Pos terkait