Serapan Anggaran Kemenag Sulteng Tertinggi

  • Whatsapp
Abdullah Latopada

PALU, PE – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, meraih peringkat tertinggi, serapan anggaran nasional di lingkup Kemenag RI pada tahun 2016.

Kanwil Kemenag Sulteng mengungguli Kanwil Kemenag Sumatera Utara dan Riau, yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga.

Bacaan Lainnya

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada, menyebut, pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras bersama, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pegawai lainnya, di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng.

“Ini semua, atas kerjasama seluruh ASN dan operator kita. Hasil ini tidak akan mungkin tercapai, jika tidak ada kerjasama,” kata Abdullah, saat ditemui, baru-baru ini.

Atas pencapaian tersebut, Abdullah menyampaikan rasa apresiasi dan terima kasihnya yang tinggi, kepada seluruh pihak yang ada di Kemenag Sulteng, mulai dari para Kepala Bidang penyelenggara, Kepala Seksi, para staf di Kanwil, para kepala Kemenag Kabupaten dan Kota beserta Kepala Seksi dan stafnya, para pimpinan satuan kerja, para pengawas, penyuluh, penghulu, pengelola keuangan, serta seluruh operator atas kerjasamanya dalam serapan anggaran tahun 2016.

Abdullah, yang merupakan mantan Kakanwil Kemenag Maluku Utara, berharap seluruh elemen di Kemenag Sulteng, dapat melanjutkan kerjasama dan komitmen, untuk terus menjadi yang terbaik, dalam melayani masyarakat.

“Tetap terus membangun kebersamaan, itu tetap menjadi komitmen kita, dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Semoga hal ini, bisa tercapai lagi di tahun 2017,” ujar Abdullah, yang juga membawa Kanwil Kemenag Maluku Utara, meraih hasil yang sama, pada tahun 2015 lalu.

Peringkat pencapaian anggaran Kemenag pada tahun 2016, disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nur Syam, pada kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag RI, di Jakarta, akhir Februari 2017 lalu.

Data dari situs resmi Kemenag RI, berada pada tiga peringkat terbawah, dengan serapan anggaran terendah, ialah Kanwil Kemenag Bengkulu, Kanwil Kemenag Bangka Belitung dan Kanwil Kemenag Gorontalo.

Sedangkan untuk katagori Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), serapan anggaran tertinggi, dicapai oleh Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Ambon, dan serapan terendah oleh STAIN Pare-Pare.

Secara nasional, Kementerian Agama menduduki peringkat kedua setelah POLRI, dalam daya serap anggaran, pada 10 Kementerian dengan APBN Terbesar. Dengan total anggaran 56,8T, serapan Kementerian Agama dapat mencapai angka 93,55%.

(mg01/Palu Ekspres)

Pos terkait