Tiga Perumahan Transmigrasi Poso Terbentuk

  • Whatsapp
adv

POSO, PE – Tiga Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) yang berada di wilayah Kabupaten Poso telah resmi berdiri sendiri.

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Poso, Filson Gundo, Senin 6 Maret 2017 mengatakan 3 UPT tersebut yakni UPT di Desa Pandiri Kecamatan Lage, UPT di Desa Watutau Kecamatan Lore Piore dan UPT di Desa Talabosa Kecamatan Lore Tengah.

Bacaan Lainnya

Tiga UPT berdiri sendiri dimungkinkan dapat untuk membentuk menjadi Desa atau Dusun sendiri.

Menurut Filson resminya 3 UPT tersebut di buktikan dengan penyerahan secara resmi oleh Pemda Poso kepada 3 UPT untuk menjadi desa atau dusun di wialyah kecamatan masing-masing, pada 21 Pebruari 2017.

“Kami sudah lakukan acara penyerahan secara resmi kepada 3 UPT, sesuai dengan persyaratan yang telah terpenuhi,” ujar Filson Gundo.

Sesuai persyaratan itu, yakni tiga UPT telah memiliki jumlah penduduk paling sedikit 300 KK dan telah selesai menjadi binaan selama 5 tahun.

Terpisah Kepala Kepala Bidang Transmigrasi dan Pengembangan Kawasan Dinas Nakertrans Poso, Alfian Samuding, mengatakan dengan penyerahan UPT untuk menjadi desa atau dusun, dapat membuka perluasan ekonomi dan membuka akses perkembangan Kabupaten Poso.

“Misalnya, dengan menjadi desa atau dusun, akses jalan ekonomi otomatis terbuka, juga perluasan Kabupaten Poso serta pengembangan ekonomi kedepan,” ujar Alfian.

Alfian menambahkan UPT di tiga tempat berbeda itu telah memiliki jumlah penduduk sebanyak 300 Kepala Keluarga.

(fer/Palu Ekspres)

Pos terkait