Berbicara di APEKSI, Isteri Wali Kota Paparkan Program Unggulan Ekonomi Palu

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Kota Palu sekaligus Ketua Dekranasda Kota Palu, Diah Puspita S.AP/ Foto: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palu/ PaluEkspres

PALUEKSPRES, PALU- Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP yang juga selaku Ketua Dekranasda Kota Palu menjadi narasumber dalam Virtual Talk Show Selasa, (19/4/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini mengangkat tema “Peran Penting Istri Wali Kota dalam Kesehatan, Ekonomi, dan Pemberdayaan.”

Bacaan Lainnya

Dalam paparannya, Ketua Diah Puspita mengatakan program unggulan dalam agenda ekonomi mantap berdaya saing yang diwujudkan yakni inkubator bisnis berbasis digital per-Kelurahan.

Menurutnya program ini muncul dikarenakan memang salah satu kebutuhan masyarakat Kota Palu akibat permasalahan yang timbul salah satunya Pandemi Covid-19.

Sehingga sejumlah UKM dan IKM Kota Palu mengalami hambatan dalam pengembangan usaha, ketersediaan bahan baku, akses permodalan, manajemen usaha, pemasaran produk dan jasa, inovasi usaha, dan perizinan usaha.

“Tentunya dengan adanya Inkubator Bisnis Berbasis Digital ini data seluruh UMKM dapat terkelola dengan baik, perkembangan UMKM pun akan bisa termonitoring dengan baik, serta Pemerintah pun akan mudah mengupdate kebutuhan pasar terkait dengan UMKM,” ujarnya.

Diah menyatakan konsep yang digunakan dalam program tersebut yakni Konsep Hexahelix yang berkolaborasi dengan akademisi, media, pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan pengungkit.

Kolaborasi dengan akademisi dilakukan dengan berkolaborasi universitas dan akademisi untuk menjadi tenaga ahli terpusat di OPD.

Pos terkait