oleh

Pemerintah Bakal Sebar Sperma untuk…

TOUNA, PE – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Tojo Una-una (Touna) menargetkan 4.700 ekor sapi betina wajib bunting. Program ini untuk mendukung Program Upaya Khusus (Upsus) Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB).

Kepala Bidang Peternakan dan Perkebunan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Touna, H Amir Dg. Masiki, SP, Senin 6 Maret 2017 untuk target 4.700 ekor sapi induk wajib bunting ini, tersebar di dua belas Kecamatan yang ada di Kabupaten Touna.

“Jadi semua Kecamatan ada sapi induk wajib bunting. Tinggal berdasarkan pendataan di Kecamatan mana yang banyak terdapat sapi induk wajib bunting tersebut,” ujarnya.

Lanjutnya, program ini bukan berupa bantuan sapi akan tetapi sperma yang akan di suntikan terhadap sapi betina yang sudah siap bunting. Makanya program ini dinamakan program sapi induk wajib bunting.

“Program upsus SIWAB ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam percepatan peningkatan populasi sapi local. Sehingga harus kita dukung bersama-sama baik pemerintah daerah dan masyarakat,” tuturnya.

Olehnya dia berharap, melalui program SIWAB ini akan menambah populasi sapi, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan di Kabupaten Touna.

(mg3/Palu Ekspres)

News Feed