DAK Sekolah Kembali Diswakelolakan di Tolitoli

  • Whatsapp
Ilustrasi- Peninjauan sekolah. Foto: Dok

PALUEKSPRES, TOLITOLI – Dana Alokasi Khusus (DAK) pembangunan rehabilitasi SD/ SMP di Kabupaten Tolitoli  kini berubah dari kontraktual menjadi swakelola berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) tahun 2022.

” DAK tahun ini kembali berubah seperti dua tahun lalu Juknisnya menjadi swakelola, sementara 2021 kontraktual,” kata Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli, Ayahtullah ST, kepada media ini (18/5/2022).

Bacaan Lainnya

Jumlah SD/SMP yang dikerjakan melalui anggaran kementerian tahun 2022 sekitar 13 sekolah tersebar di 10 kecamatan termasuk dua diantaranya SD Desa Tende dan SD Desa Ogomoli, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli.

” Dari 13 sekolah yang mendapat jatah anggaran DAK meliputi tujuh SD dan enam SMP,” kata Kabid Dikdas itu.

Menurut Ayahtullah, ketiga belas sekolah di Tolitoli yang dikerjakan menggunakan anggaran DAK masing-masing nilainya kurang lebih Rp200 juta, sehingga total anggarannya sekitar Rp 2 Miliar lebih.

” Kalau untuk pembangunan gedung SMP ada juga di Kecamatan  Lampasio, Ogodeide, Dondo, Dampal Selatan,” jelasnya.

Dalam kegiatan DAK untuk pengerjaam sekolah baik rehabilitasi dan pembangunan gedung baru dalam Juknis dipersyaratkan melibatkan fasilitator teknis yang ditunjuk dinas terkait.  Sementara menyangkut pelaksanaan, pihak sekolah menunjuk pihak lain yang dianggap mampu.

“Kepala sekolah membuat kebijakan internal dalam hal pelaksanaan pembangunan dengan menunjuk siapa saja yang punya kemampuan,” jelas Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Tolitoli itu.

Pada pelaksanaan pembangunan sekolah dianggarankan bukan dari APBD kabupaten, namun melalui DAK para Kepsek diwajibkan membentuk Panitia Pembangunan Sekolah (P2S).

” Kami dari dinas tidak berhak melakukan intervensi kepada para Kepsek yang mengelolah DAK untuk pembangunan sekolah,” tutup Ayahtullah.(lan/paluekspres)

Pos terkait