oleh

Pemkot Beri Lampu Hijau, Alfamidi Bakal Bangun Gerai di Palu

PALU, PE – Setelah melalui komunikasi panjang, Pemkot Palu akhirnya memberi lampu hijau bagi managemen Alfamidi retail untuk rencana membuka gerainya di wilayah Kota Palu.

Kendati demikian, pihak Alfamidi menurut Asisten Bidang Perekonomian Pemkot Palu, Imran Lataha, masih harus menyepakati sejumlah hal.
Di antaranya adalah mengikuti arahan pemerintah mengenai letak penempatan gerai serta  jumlah gerai yang akan dibuka.

“Disesuaikan dengan penataan ruang yang ada. Kita atur lokasinya untuk menyesuaikan jumlah penduduk di tiap-tiap lokasi,”jelas Imran, Rabu (8/3).

Menurutnya, arahan itu telah disepakati pihak alfamidi. Saat ini, pihak alfamidi tengah menyelesaikan sejumlah perizinan untuk kepentingan itu.

“Perizinannya sedang berproses,”sebut Imran. Imran menjelaskan, jika seluruh proses itu selesai, Pemkot dan pihak alafmidi nantinya akan menuangkan kesepakatan itu dalam sebuah memorandum of understanding (MoU).

“Kalau tahun ini seluruh prosesnya selesai, ya tahun ini juga alfamidi bisa segera membuka gerai,”ujarnya.

Pada prinsipnya jelas Imran, tak ada satupun regulasi yang melarang berdirinya gerai Alfamidi ataupun retail lainnya. Hanya saja, sebagai pemerintah daerah, tentu saja harus memanfaatkan peluang investasi itu agar terjadi sebuah proses yang bisa saling menguntungkan.  Misalnya lanjut Imran, sedapat mungkin pihak retail memprioritaskan tenaga kerja lokal.
Termasuk mengakomodir produk-produk olahan lokal pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Di level daerah kehadiran retail itu sedapat mungkin pemerintah daerah bisa mengambil keuntungan dari situ. Tentu dengan komunikasi yang baik,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

News Feed