oleh

Waduh, Bank Danamon PHK Besar-Besaran

SURABAYA, PE – Puluhan karyawan Bank Danamon Surabaya melakukan aksi unjuk rasa tolak PHK dan outsourcing.

Aksi unjuk rasa karyawan Bank Danamon di kawasan Jalan Gubernur Suryo ini, sempat membuat macet Jalan Tunjungan hingga Jalan Gubernur Suryo.

Para pengunjuk rasa yang menutup separuh jalan ini, meneriakkan hujatan kepada Direktur Utama Danamon yang melakukan PHK secara besar-besaran kepada 12 ribu karyawan Bank Danamon di seluruh Indonesia.

Unjuk rasa tersebut, ternyata tidak menganggu aktivitas bekerja Bank Danamon. Bahkan banyak para nasabah tetap melakukan transaksi pengambilan uang ke Bank Danamon.

Sekretaris Serikat Pekerja Danamon, Muhammad Afif mengatakan, banyak karyawan yang di-PHK secara sepihak dengan pesangon yang tidak sesuai.

“Bahkan memasukkan karyawan outsourcing, serta tidak memberikan uang lembur karyawan,” ujar Afif.

Juru Bicara Direktur Danamon, Heriyanto Agung Putra, sangat menyayangkan penyampaian aspirasi dengan melakukan unjuk rasa.
Dia mengatakan upaya komunikasi telah dilakukan otoritas yang berwenang serta penyelesaian hak-hak normatif.

Menurutnya, sesuai dengan Undang-Undang nomor 13 tahun 2003 tentang Tenaga Kerja, Bank Danamon telah mematuhi peraturan ketenagakerjaan yang berlaku dan memberikan yang terbaik kepada pekerja sesuai dengan kondisi dan kemampuan perusahaan.

Para pengunjuk rasa usai melakukan orasi di gedung Bank Danamon, melanjutkan ke Kantor Gubernur Jawa Timur dan Kantor Bank Indonesia di Jalan Pahlawan.

Bila tidak ada tanggapan dari manajemen Danamon, maka karyawan akan melakukan aksi lebih besar lagi.

(end/jpnn/PE)

News Feed