Olimpiade Sains di Parimo, Tiga Mata Pelajaran Dilombakan

  • Whatsapp
Kepala Bidang Manajemen SD, Disdikbud Parimo, Ince Pina. Foto : ASWADIN/PE

Kepala Bidang Manajemen SMP Disdikbud Parimo, Ince Pina. Foto : Aswadin/PE

Bacaan Lainnya

PALUEKSPRES, PARIMO – Sebanyak tiga mata pelajaran (Mapel) dilombakan pada pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2022, diseluruh SMP di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah.

Kepala Bidang Manajemen Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parimo, Ince Pina mengatakan, tiga mata pelajaran yang dilombakan itu adalah, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetuan Alam (IPA).

“Alhamdulillah, tahun ini sudah bisa kita laksanakan kegiatan OSN. Sebetulnya, kegiatan ini daring, cuman kemarin kita anggarkan di APBD supaya kegiatan bisa dilakukan meskipun tetap daring tapi peserta dikumpul di satu tempat yaitu di aula Disdikbud,” kata Ince Pina di Parigi, Selasa (28/6/2022).

Menurut dia, untuk mata pelajaran matematika diikuti 64 siswa, IPA 64 siswa, dan IPS 63 siswa. Kemudian, tujuan dikumpulnya siswa peserta OSN disatu tempat, agar para peserta saling bersosialisasi, dan para guru juga bisa saling berbagi informasi.

“Jadi, selain itu tujuan kami juga untuk meningkatkan kemampuan, baik spiritual, intelektual anak-anak maupun guru,” ujarnya.

Kata dia, seluruh sekolah yang mengikuti kegiatan OSN mendaftar melalui portal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Mereka langsung mendaftar di portalnya, begitu terdaftar dan hari ini mengikuti kegiatan itu secara serentak seluruh Indonesia.” jelasnya.

Hal ini dilaksanakan, untuk menjaring siswa berprestasi diberbagai bidang ilmu. Sebab, setelah menjuarai OSN ditingkat Kabupaten, mereka memiliki kesempatan untuk mengikuti lomba sains tingkat nasional.

Menurut Ince Pina, sekolah satu atap (Satap) pun ikut dalam kegiatan OSN. Sebab, pada kegiatan OSN sebelumnya sekolah satu atap Karya Mandiri tembus ketingkat nasional.

“Makanya kami selalu mengimbau agar supaya Satap juga ikut berpartisipasi. Karena, kita tidak tau prestasinya anak, bahwa mereka juga punya minat, dan prestasi. Jadi, semua berhak untuk mengikuti kegiatan ini,” kata dia.

Kegiatan ini tambahnya, berlangsung selama dua hari, yang dimulai Selasa, 28-29 Juni 2022  Setelah itu kata dia, kegiatan ditingkat Provinsi dan Nasional akan digelar pada bulan Agustus dan September 2022. (asw/PALUEKSPRES)

Pos terkait