Ingin Turunkan Angka Stunting di Kota Palu, Wali Kota Usulkan Paket Stimulus Stunting

  • Whatsapp
Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Wakil Wali Kota dr Reny A Lamadjido pada rembuk stunting Kota Palu, Selasa (5/7/2022)/ foto: BagAdpim Pemkot Palu

PALUEKSPRES, PALU- Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE Kalau misalnya, menegaskan bahwa stunting akan selalu menjadi momok bagi pemerintah Kota Palu, bila aparatnya tidak memikirkan cara efektif dan cepat dalam menanganinya.

Dia mengingatkan bahwa angka stunting di Kota Palu sebesar 23% meskipun masih di bawah angka nasional.

Bacaan Lainnya

“Karena itu, mari kita melakukan langkah-langkah yang betul dan benar-benar implementatif. Maka saya berharap dengan keinginan saya yang didukung oleh OPD terkait, Paket Stimulus Stunting Kota Palu dapat dikaji secepatnya agar parameter kita dalam bekerja dapat kita wujudkan,” ujar Wali Kota Palu saat membuka Rembuk Stunting di Hotel Best Western Coco Palu, Selasa, (5/7/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka percepatan penurunan stunting terintegrasi tingkat Kota Palu tahun 2022 itu juga hadir Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes

Wali Kota Hadi mengatakan bahwa pekan lalu pihaknya sudah mengundang Dinas Kesehatan Kota Palu maupun Kepala Bappeda Kota Palu terkait stunting di Kota Palu.

Wali Kota telah mengusulkan kepada Dinas Kesehatan Kota Palu untuk membuat stimulus stunting Kota Palu.

“Saya minta kepada Dinas Kesehatan untuk membuat paket stimulus stunting agar percepatan penurunan stunting diharapkan dapat berjalan dengan efektif,” katanya.

Paket stimulus stunting ini merupakan penanganan stunting di luar ibu hamil selama tiga bulan guna memberikan asupan pendamping buat anak.

“Kalau itu harus dilakukan, maka itu langkah yang akan kita lakukan sehingga kita akan ambil kebijakan yang namanya Paket Stimulus Stunting Kota Palu,” tandas Wali Kota.

Wali kota juga yakin program peduli stunting merupakan wujud keprihatinan bangsa dan negara karena masih banyaknya anak-anak yang hari ini masih berada pada situasi tersebut.

Karena itu katanya pemerintah dituntut untuk melakukan langkah-langkah yang implementatif dan benar-benar dapat menjadi solusi agar penanganan stunting bisa terselesaikan.

“Paling tidak kita memiliki standar yang jelas dalam penanganan ini agar masalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Saya berharap akan lahir ide-ide cemerlang bagaimana upaya yang dapat dilakukan oleh kita dalam menangani stunting,” imbuhnya. (aaa/PaluEkspres)

Pos terkait