oleh

Empat Kecamatan Dapat Bantuan Perumahan Khusus

TOUNA, PE – Sebanyak empat Kecamatan di Kabupaten Tojo Una-una (Touna) mendapatkan bantuan perumahan khusus daerah rawan konflik atau padat penduduk.

“Bantuan tersebut akan di serahkan langsung oleh Tim Verivikasi Kementrian Sosial (Kemensos) dalam waktu dekat ini,” kata Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan anak (DSP3A) Kabupaten  Touna, Tajudin Labudu, Rabu (8/3).

Tajudin mengatakan,  pada tahun 2017 ini sesuai usulan DSP3A Kabupaten Touna ke-Kemensos RI, ada 4 Kecamatan yang mendapat bantuan perumahan tersebut untuk desa-desa rawan konflik  atau padat penduduk  yang akan di relokasi  menjadi 1 tempat pemukiman.

“Adapun 4 Kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Ulubongka, Kecamatan Una Una, Kecamatan Togean dan Kecamatan Batudaka,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk bantuan yang  berasal APBD yakni, Bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR)  untuk  Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), BBR rumah bagi korban pascabencana alam yang ada beberapa titik.

“Sementara  bantuan lainnya bagi perorangan yang  berupa usaha ekonomi produktif  seperti usaha peternakan kambing,  usaha sembako, pembuatan kue, dan bagang atau rompong bagi nelayan,” tambahnya.

Dia mengungkapkan, berdasarkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru Dinas Sosial bergabung dengan Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak.

“Sehingga pada tahun 2017 ini juga kami menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terkena penyakit kusta, gizi untuk anak terlantar dan gizi untuk lansia yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Touna,” tutupnya.

(mg3/Palu Ekspres)

News Feed