Asyiik, Harga Bawang Naik, Petani Untung

  • Whatsapp

INDRAMAYU, PE – Harga bawang merah terus naik. Petani bawang pun ketiban rezeki. Yah, kenaikan harga bawang merah di pasaran membuat harga di tingkat petani pun meningkat. Bahkan, harga bawang merah bisa tembus Rp 30 ribu per kilogram.

“Alhamdulillah meskipun cuaca buruk, hasil produksi bawang merah kami tidak menurun. Justru dengan musim seperti ini produksi kami bagus,” ujar H Rahman, petani bawang asal Widasari.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, sebelumnya, harga bawang di tingkat pengepul sebelumnya hanya Rp15 ribu saja. Kini harganya bisa mencapai Rp20 hingga 30 ribu per kilogram. Kondisi ini, lanjut Rahman, berbalik dengan nasib para petani cabai rawit. Meski harga cabai rawit naik, para petani justru gigit jari dan rugi karena tanamannya membusuk.

“Kalau petani cabai benar-benar rugi. Meski di pasaran sampai tembus Rp80 ribu per kilogram, tapi mereka tidak bisa menikmatinya,” ujarnya.

Sementara Wawan (50), salah satu pedangang sayuran di Pasar Jatibarang mengatakan harga bawang merah sudah naik sejak sepekan lalu. Bawang yang sebelumnya dijual di harga Rp20 ribu sampai 24 ribu/kg sudah sepekan menjadi sekitar Rp30 ribu.

“Memang sejak seminggu lalu harga bawang merah naik dan sampai saat ini belum ada tanda-tanda penurunan,” ujarnya.

(oni/yuz/JPG/PE)

Pos terkait