oleh

Waspada Peredaran Obat Palsu

PALU,PE – Gubernur Sulteng melalui Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik, Hidayat Lamakarate membuka sosialisasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat).

Sosialisasi itu juga dirangkai jalan santai untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Poso ke-122 di alun-alun Kabupaten Poso akhir pekan lalu.

Hidayat Lamakarate dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya sosialisasi itu. Menurutnya itu dapat memperkaya pengetahuan dan pemahaman masyarakat Poso terkait obat-obatan.

“Permasalahan obat akan berpotensi membahayakan kesehatan jika masyarakat kurang paham, contohnya kasus vaksin palsu yang marak beredar di sejumlah daerah,”kata Hidayat mengingatkan.

Sulteng menurutnya memang masih aman dari kasus peredaran vaksin palsu. Namun masyarakat harus tetap waspadan cerdas dan cermat dalam mengkonsumsi obat-obatan.

“Untuk itu para pemangku kepentingan yang terkait dengan kefarmasian bersinergi mengawasi peredaran obat-obatan di daerah khususnya di Poso,”harapnya.

Sosialisasi gema cermat nilai Hidayat, merupakan upaya strategis menindak lanjuti kewaspadaan peredaran obat palsu. Sinergisitas pemerintah dan masyarakat perlu dibangun melalui rangkaian kegiatan.

Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat-obatan.
Menurutnya, penyebaran informasi dan edukasi kepada masyarakat secara terus menerus akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan obat.

Hidup sehat merupakan indikator terwujudnya masyarakat indonesia yang sehat sejahtera sesuai nawa cita pembangunan pemerintah sekarang ini.

“Terima kasih dan penghargaan yang mendalam kepada semua pihak yangmenyukseskan sosialisasi ini. Semoga program ini berdampak positif dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat   menuju terciptanya masyarakat Indonesia yang sehat,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Kasubdit Seleksi Obat dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Ardiyani, juga turut menyampaikan orasi sosialisasi terkait gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat itu.

Kegiatan sosialisasi juga digelar panggung hiburan rakyat dalam dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Poso yang ke-122. Pemda mendatangkan sejumlah artis ibukota untuk menyemarakkan HUT Poso tersebut.

(Humas Pemprov)

News Feed