KPU Morowali Uji Publik II Soal Rancangan Dapil Pemilu 2024

  • Whatsapp
KPU Morowali Uji Publik II Soal Rancangan Dapil Pemilu 2024
Anggota KPU Kabupaten Morowali Abdul Samad menyampaikan sambutannya pada uji publik II Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Morowali, Selasa (13/12/2022). Foto: Istimewa

KPU Kabupaten Morowali melaksanakan uji publik ke dua (II) rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Morowali pada Pemilu tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Hotel Metro yang dimulai pada pukul 09.00 Wita dan dibuka oleh Anggota KPU Morowali Abdul Samad.

Abdul Samad dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan uji publik ini adalah yang ke dua dilaksanakan. Karena sebelumnya sudah dilaksanakan uji publik pertama pada tanggal 7 Desember 2022.

Bacaan Lainnya

Samad juga menyampaikan, terkait kegiatan uji publik ke dua ini, masyarakat ataupun peserta uji publik dapat memberikan masukan dan tanggapan atas rancangan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Morowali pada Pemilu tahun 2024, sebelum nanti akan menyampaikan hasil uji publik pada tanggal 16 Desember 2022.

Baca juga : Bawaslu RI: Tantangan Pemilu 2024 Sangat Besar

Sementara itu, anggota KPU Morowali Taufan Tandjing yang juga ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Morowali kembali menekankan, dalam penyusunan rancangan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Morowali pada Pemilu tahun 2024 mengacu pada tujuh prinsip.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 tahun 2022, dalam penataan dapil dan alokasi kursi mengacu pada kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integrasi wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan.

Taufan menambahkan, terkait tiga rancangan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Morowali pada Pemilu tahun 2024, pihak KPU memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan masukan dan saran.

Peserta yang diundang dalam kegiatan ini adalah Bupati Morowali, Dandim 1311 Morowali, Kapolres Morowali, Kejaksaan Morowali, Bawaslu Morowali, Setda Kabupaten Morowali, Asisten 1, Kesbangpol, Dukcapil, Pimpinan Partai Politik, Camat Bungku Tengah, Akademisi, Kades dan tokoh masyarakat. (bid/paluekspres)

Pos terkait