oleh

Betapa Canggihnya Malaysia, E-KTP Bahkan Bisa Digunakan untuk Bayar-bayar

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kalau di Indonesia KTP hanya sebagai dokumen kependudukan saja, maka kita harus mengakui bahwa negara tetangga kita, Malaysia, lebih maju dalam urusan data kependudukannya.

Bahkan negeri jiran ini sudah jauh meninggalkan kita untuk pemutahiran data yang ada dalam kartu tanda penduduk.

Parahnya, sudah jauh ketinggalan, kita malah terjebak dalam urusan yang tidak perlu terjadi dan sangat disayangkan. Korupsi sudah menggurita, bahkan sudah menjadi ancaman serius di kalangan pemangku kepentingan di negara ini.

Pemerintah kita telah banyak menganggarkan dana untuk urusan E-Ktp, eh malah dikurupsi. Jauh berbeda dengan Malaysia. Sunggu kita masih jauh ketinggalan.

Di Malaysia, pemerintah menyediakan kartu identitas elektronik dengan nama MyKad. Kartu multi fungsi ini wajib dimiliki seluruh warga negara atau penduduk permanen berusia di atas 12 tahun.

MyKad memiliki banyak fungsi, yakni sebagai lisensi berkendara, dokumen perjalanan, serta informasi kesehatan. Tak perlu repot-repot lagi mengurusi kartu ini-itu.

Yang tak kalah menarik dan patut diaucungi jempol, MyKad bisa dipakai sebagai e-cash atau dompet elektrik dan terintegrasi langsung dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Bahkan rencananya MyKad juga akan dikembangkan sebagai kartu perjalanan buat para traveller, dan bisa digunakan sebagai kartu pembayaran multi-guna sebagai kartu kredit atau debit.

Nah, mungkinkan negara kita bisa mencontoh, bahkan bisa melampaui Malaysia?

(MS/Palu Ekspres)

News Feed