Dinas Ketahanan Pangan Parimo Gelar Pangan Murah Jelang Ramadan

  • Whatsapp
Dinas Ketahanan Pangan Parimo Gelar Pangan Murah Jelang Ramadan
Telur ayam dipajang di kegiatan pangan murah dihalaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Parimo, Selasa (21/3/2023). Foto - Aswadin/Palu Ekspres

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melaksanakan gerakan pangan murah dalam rangka stabilitas harga dan pasokan pangan menjelang bulan Ramadan 1444 Hijriah.

Kegiatan pangan murah tersebut bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Parimo, Selasa (21/3/2023).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Parimo, Rahmatia mengatakan, kegiatan pangan murah ini sudah dilaksanakan sebanyak empat kali.

Baca juga : Tekan Inflasi, Kejari dan Pemkab Parimo Gelar Pasar Murah

“Dua kali kami laksanakan di halaman kantor. Kemudian yang lainnya, masing-masing di Desa Pangi Kecamatan Parigi Utara dan Kecamatan Siniu,” ujar Rahmatia.

Menurutnya, antusias masyarakat sangat luar biasa menyambut kegiatan pangan murah yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan. Buktinya, tidak sampai satu jam stok beras dan komoditas lainnya habis terjual.

Gerakan pangan murah ini kata dia, merupakan kegiatan terakhir jelang bulan ramadan. Menurut dia, gerakan pangan murah akan di gelar kembali saat menjelang hari raya Idul Fitri.

“Jadi dua pekan jelang hari raya, kami akan laksanakan lagi kegiatan pangan murah. Ini bekerjasama dengan Forkopimda, kemarin Kejaksaan kerjasama Disperindag itu namanya pasar murah sesuai nomenklatur. Dan kita Dinas Ketahanan Pangan, Gerakan Pangan Murah,” jelasnya.

Meskipun, berberda katanya, namun tujuan kegiatan mereka adalah sama, yakni membantu masyarakat terutama yang berpenghasilan menengah ke bawah. Supaya mereka bisa menikmati pangan murah yang disediakan pemerintah.

“Apalagi sekarang ini harga beras naik. Tentu saja mereka lebih memilih berbelanja disini meskipun kegiatan ini hanya digelar sehari,” ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai hasil rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), bahwa gerakan pangan murah kembali digelar pada hari ke sepuluh Ramadan bertempat di Makopolres Parigi Moutong.

“Setiap kali kita gelar pangan murah, Bulog siapkan sebanyak 2 ton beras,” kata dia.

Sementara, untuk komoditas pangan yang disiapkan dalam pangan murah, diantaranya beras kemasan 5 kilogram, gula pasir, telur, bawang merah dan minyak goreng.

Pos terkait