oleh

Begini Sosok Kiai Hasyim Muzadi di Mata Adik Gus Dur

DEPOK, PE – KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah punya penilaian tersendiri terhadap sosok almarhum KH Ahmad Hasyim Muzadi, yang baru saja wafat dan dimakamkan di Taman Makam Ppondok Pesantren Al-Hikam 2, Depok, Jawa Barat.

Saat berbicara atas nama keluarga di pemakaman Kiai Hasyim yang dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gus Solah menyampaikan bahwa almarhum adalah tokoh yang memiliki prinsip dan bisa menyampaikan pandangannya dengan baik kepada masyarakat.

“Almarhum bisa menyampaikan prinsipnya dengan baik. Perbedaan yang timbul dengan baik. Almarhum mampu menjelaskan hal rumit kepada masyarakat dengan bahasa sederhana dipahami masyarakat,” ujar Gus Solah, Kamis (16/3).

Adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini kemudian mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mewakili pemerintah, dan seluruh pihak yang telah membantu perjalanan jenazah almarhum dari Malang sampai ke Depok.

“Tentunya kami memohon maaf kepada seluruh hadirin, semoga dapat memaafkan almarhum bapak Hasyim Muzadi selama hayat beliau, dan mohon doa seluruh amal beliau diterima Allah SWT dan dosa beliau diampuni,” ujar Gus Solah.

Proses pemakaman jenazah Kiai Hasyim dilakukan dengan upacara militer, dan Wapres Jusuf Kalla bertindak selaku inspektur upacaranya. Pemakamannya dihadiri ribuan masyarakat dan santri Ponpes Al-Hikam.

(fat/jpnn/PE)

News Feed