oleh

Bupati Resmikan Penggunaan Sejumlah Gedung Baru

PARIMO, PE – Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu di dampingi sejumlah Kepala SKPD melakukan peninjauan dan peresmian sejumlah infrastruktur di wilayah Utara Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), akhir pekan kemarin.

Di kecamatan Tomini misalnya, telah diresmikan satu unit gedung SMA Negeri I yang bertempat di Desa Tomini. Di tahun awal berdirinya, sekolah ini telah menjaring siswa sebanyak 143 orang.

Melihat besarnya antusias siswa dan orangtua  menyekolahkan anaknya di SMA Negeri I Tomini, Bupati melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parimo  di tahun 2018 akan mengupayakan penambahan minimall empat ruang kelas baru, agar para siswa-siswi yang akan mendaftar di tahun-tahun mendatang dapat terakomodir tanpa adanya kendala keterbatasan ruangan kelas.

Sebelumnya, Bupati melakukan peninjauan Kantor Camat Ongka Malino di Desa Ongka. Di sela-sela kunjungannya di Kecamatan Tomini, Bupati meninjau dermaga di Desa Tomini yang tidak dapat difungsikan lagi karena keadaannya yang sudah rusak parah.

Kata warga setempat, dermaga ini sudah lama tidak berfungsi karena tiang-tiang penopangnya sudah banyak yang roboh. Menyikapi hal tersebut, Bupati melalui Dinas Pekerjaan Umum akan berupaya membangun tanggul agar abrasi pantai tidak terjadi lagi.

“Saya akan memperbaiki dermaga ini tapi sebelumya kita akan membangun dulu tanggul anti abrasi agar dermaga dapat bertahan lama,” jelas  Samsurizal.

Di desa Sidoan Kecamatan Sidoan, Bupati dan rombongan juga meninjau sungai yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan masyarakat. Pasalnya, Desa Sidoan berada tepat di cekungan aliran sungai dan  jika  musim penghujan tiba,  debit air meningkat, yang menyebabkan banjir  menggenangi rumah-rumah warga.

Olehnya, Bupati melalui Dinas Pekerjaan Umum akan secepatnya menormalisasi aliran sungai, sebab lokasii  pertanahan yang akan menjadi dampak normalisasi sungai sudah dibebaskan Pemerintah Kecamatan Sidoan.

Demikian pula menjelang perhelatan Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) yang tinggal menghitung hari, Bupati meninjau beberapa lokasi kegiatan yang akan menjadi rangkaian FPTT, seperti tempat start atau tempat dimulainya lomba lari Ekuator 10 Km di Desa Maninili Utara Kecamatan Tinombo Selatan, serta lokasi finish di Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan.

“Kedua tempat ini agar segera disiapkan fasilitas pendukungnya serta lingkungannya ditata dengan rapi, terlebih lagi Desa Khatulistiwa yang akan menjadi tempat berakhirnya lomba Lari Ekuator yang tentunya akan menjadi tempat berpusatnya para penonton dan pengunjung dari dalam dan mancanegara karena lomba ekuator ini akan di ikuti oleh para peserta dari dalam dan luar negeri, tegas Bupati.

Selain itu, Bupati dan Pemerintah Kecamatan Tinombo Selatan menyiapkan tempat wisata pantai yang berjarak lima ratus meter dari Tugu Khatulistiwa.

“Lokasi ini menjadi tempat beristirahatnya para atlit dan para pengunjung, selain itu juga akan menjadi etape keempat Lomba Perahu Layar Tradisional, sementara Wisata Air Panas di Desa Tolole Kecamatan Ampibabo akan menjadi lokasi etape terakhir lomba perahu layar tradisional sebelum Finish di Kayu Bura, lokasi Eks Sail Tomini,” terang Samsurizal.

(humas pemda parimo)     

News Feed