oleh

Kemenag Bakal Buka Pelayanan Satu Atap

PALU, PE – Setiap Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Sulteng, harus memiliki program-program unggulan, yang dijadikan sebagai prioritas. Hal ini ditekankan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada, pada Rapat Kerja Pejabat Kemenag Sulteng, di Kota Palu, Senin 20 Maret 2017.

“Di (Kemenag) tiap Kabupaten dan Kota, saat ini sudah harus punya program unggulannya. Dan semua program tersebut, tentunya harus berpihak kepada rakyat, karena pelayanan terbaik kepada rakyat, adalah kebutuhan kita yang sudah mendesak,” tegas Kakanwil.

Di hadapan para pejabat eselon Kanwil Kemenag, Kepala Kantor Kemenag se-Sulteng, serta para pejabat lainnya dan para Kepala Madrasah, Kakanwil mencontohkan, program unggulan yang dimaksud, seperti program 1000 hafidz dan hafidzah, yang menjadi program unggulan di Kemenag Kabupaten Parigi Moutong.

Contoh lainnya, lanjut Kakanwil, adalah program Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap, oleh Kantor Kemenag Kota Palu, yang baru saja di-launching, beberapa hari lalu.

“Dua program unggulan ini, bisa dijadikan contoh oleh yang lainnya. Juga ada Gerakan 1000 qari dan qariah, serta duta zakat dan wakaf, oleh Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag, itu juga bisa diikuti di tiap Kabupaten dan Kota,” ujar Kakanwil.

Olehnya, Kakanwil menegaskan kembali, kepada para pejabatnya, untuk betul-betul menyusun program unggulannya, dalam rapat kerja pejabat, yang rencananya akan berlangsung hingga Rabu 22 Maret 2017 tersebut.

“Jadi, dalam raker ini, harus tampilkan program yang menjadi unggulan di tahun 2017, jangan cuma program biasa,” tegasnya.

Selanjutnya, bagi Kantor Kemenag yang ingin menyusun program, terkait dengan pelayanan pendaftaran haji satu atap, sebagaimana yang telah dimulai oleh Kemenag Kota Palu, mantan Kakanwil Kemenag Maluku Utara ini mengakui, pihaknya akan membantu, untuk memfasilitasi perwujudan program tersebut.

“Kemarin saya sudah koordinasi, dengan beberapa pimpinan Bank Syariah, kalau ada yang ingin membuat program ini, Kanwil Kemenag Sulteng akan siap memfasilitasi,” tandasnya.

(mg01/Palu Ekspres)

News Feed