Ini Pesan Bupati untuk Forum OPD

  • Whatsapp
adv

TOUNA, PE – Bupati Tojo Una-una (Touna) Mohamad Lahay, SE mengatakan, pelaksanaan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) merupakan salah satu bagian dalam tahapan proses perencanaan pembangunan.

“Hal tersebut sesuai amanat Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rancangan Pembangunan Daerah, di mana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat,” kata Bupati saat membuka forum OPD, Senin (20/3).

Bacaan Lainnya

Bupati mengimbau kepada seluruh peserta forum OPD tahun 2018, kiranya dapat berperan aktif untuk memberikan masukan, saran untuk penyempurnaan, penajaman dan penyelarasan terhadap dokumen tersebut, yang pada akhirnya dapat menghasilkan dokumen RKPD yang memuat usulan program/kegiatan prioritas dan berkualitas sesuai harapan seluruh masyarakat Kabupaten Touna.

“Melalui forum OPD ini dapat dijadikan sebagai forum diskusi antarperangkat daerah dengan DPRD Touna, tim ahli, delegasi kecamatan serta seluruh peserta Forum OPD, untuk mempertajam indikator serta target program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya,” ujarnya.

Sehingga kata dia, kegiataan ini mampu menyelaraskan program dan kegiatan antarperangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran untuk sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, mampu menghasilkan rancangan renja-perangkat daerah yang menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD kabupaten Touna tahun 2018.

“Dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahun 2018 dan dalam penyusunan program kegiatan yang termuat dalam rencana kerja perangkat daerah harus berdasarkan pada filosofi,” jelasnya.

Dia juga berharap, anggaran yang direncanakan dan yang dibutuhkan harus mengacu pada proses perencanaan partisipatif melalui musrenbang, pokok-pokok pikiran DPRD atau hasil reses DPRD, arah dan prioritas pembangunan kabupaten dalam RPJMD kabupaten Touna tahun 2016-2021, serta arah dan prioritas pembangunan provinsi dan nasional.

“Dalam penyusunan suatu kegiatan harus jelas indikator kinerjanya baik indikator keluaran maupun indikator hasil yang akan dicapai sehingga dapat dilakukan pengukuran kinerja terhadap setiap kegiatan dalam rangka menilai tingkat keberhasilan suatu perangkat daerah guna mewujudkan visi kabupaten Touna tahun 2016-2021 yaitu terwujudnya masyarakat Touna yang hebat di bidang pertanian, pariwisata dan kemaritiman,” tukasnya.

Pelaksanaan Forum OPD Kabupaten Touna tahun 2017 dibuka oleh Bupati Touna, Mohamad Lahay, SE didampingi Ketua DPRD Kabupaten Touna, Gusnar Sulaeman SE,  Sekretaris Daerah Kabupaten Touna  Taslim DM Lasupu,SP.MT, Kepala BAPPEDA, Nawatsara Panjiliu, SE. M.Si.

(mg3/Palu Ekspres)

Pos terkait