oleh

Longki: Jangan Sampai Kalian Semua Terjerumus!

PALU, PE – Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengingatkan aparat dalam sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) seluruh kabupaten kota se-Sulteng untuk senantiasa berhati-hati dalam pelayanannya.

Menurutnya, Samsat merupakan salahsatu instansi yang belakangan ini menjadi sorotan tim sapu bersih (Saber) pungutan liar (Pungli).

“Jangan sampai anda sekalian terjerumus  dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang nantinya akan merugikan diri anda sendiri,”kata Longki mengingatkan.

Peringatan itu ia sampaikan dalam kegiatan rapat tim pembina Samsat, Selasa 21 Maret 2017 di Sutan Raja Hotel Palu.

Namun disisi lain, Longki mengapresiasi kinerja jajaran Samsat yang terus berusaha menyederhanakan pelayanannya dengan berbagai metode. Salahsatu metode yang dikembangkan adalah pelayanan e-Samsat.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada semua pihak yang bermitra kerja maupun bergabung dalam tim pembina Samsat yang sampai detik ini senantiasa berupaya memperbaiki pelayanannya. inovasi layanan e-samsat yang  memudahkan proses membayar pajak kendaraan maupun meregistrasi kendaraannya,”ucap Longki.

Gubernur mengatakan, penyelenggaraan Samsat sangat signifikan kontribusinya bagi pendapatan asli daerah. Antara lain pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) maupun meningkatkan penerimaan unit kerja terkait pada kantor bersama samsat.

Meningkatnya penerimaan negara dan daerah dari objek PKB dan BBNL juga sangat berarti dalam menunjang kesinambungan pembiayaan pembangunan.

Karena itu penyederhanaan dan inovasi layanan samsat dalam tujuan meningkatkan, memperluas dan mempermudah wajib pajak mesti jadi prioritas. Dalam kesempatan itu Longki menjabarkan tiga hal prioritas pelayanan.

Pertama pelaksanaan operasional samsat yang berkualitas. Terbangunnya sinergitas unsur pembina dan penyelenggaraan samsat.

Penyempurnaan SOP sebagai garansi pelayanan prima kepada masyarakat yang bebas dan bersih dari praktek percaloan dan pungutan liar (pungli). Launching e-samsat dijadwalkan April 2017 dalam moment HUT Sulteng. Peluncuran e-Samsat di Sulteng merupakan yang pertama di kawasan Timur Indonesia.

Usai memberikan sambutan, Gubernur, Kepala Badan Pendapatan Daerah Prov Sulteng, Direktur Lalu lintas Polda Sulteng, Kanit Operasional PT Jasa Raharja (Persero) Sulteng Dan Bank Sulteng Melakukan Penandatanganan MOU dalam rangka merealisasikan program E-Samsat dan disaksikan Kapolda Sulteng. Rapat koordinasi ini di ikuti Oleh seluruh Samsat Wilayah kabupaten kota se Sulteng.

(HUMAS Provinsi)

News Feed