Harga Cabai Rawit di Parimo Kian Melonjak, Kini Tembus Rp150 Ribu Per Kilogram

  • Whatsapp
Barang dagangan dilapak milik intan di Pasar Sentral Parigi. (Foto - Aswadin/Palu Ekspres).

Parigi Moutong, PaluEkspres.com – Jelang hari natal dan tahun baru, harga cabai rawit di pasar sentral Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, melonjak tinggi. Kenaikan harga cabai rawit mencapai Rp 150 ribu per kilogram.

“Sebelumya, harga cabai rawit ini dikisaran Rp 70 ribu per kilogram, kini melonjak Rp 150 ribu per kilogram,” ungkap Intan salah satu pedagang cabai di Pasar Sentral Parigi, Jumat (15/12/2023).

Bacaan Lainnya

Melonjaknya harga cabai rawit kata dia, dipicu kurangnya stok yang masuk ke Pasar parigi. Selain cabai rawit, cabai keriting juga mengalami kenaikan harga dari sebelumya Rp 70 ribu, kini menjadi Rp 100 ribu per kilogramya.

“Lonjakan harga cabai ini terjadi sejak dua pekan lalu,” terang Intan.

Dijelaskanya, stok cabai yang masuk ke Pasar Sentral Parigi saat ini berkurang. Lantaran para petani cabai mengalami gagal panen akibat kemarau, sehingga hasil produksi menurun.

“Meskipun harga cabai kian melonjak, namun penjualan cabai dilapaknya tidak berkurang,” akunya.

Menurutnya, yang paling naik signifikan adalah harga tomat, dari harga sebelumnya Rp 8000 ribu hari ini tembus Rp 15 ribu per kilogram. Untuk telur harga sementara Rp 55 ribu per rak.

Kemudian, gula pasir kini dijual Rp 19.000 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 16.000 ribu per kilogram.

Intan mengaku dengan mahalnya bahan kebutuhan sehari hari ini membut omzet penjualan para pedagang di Pasar Sentral Parigi menurun.

“Kenaikan harga sejumlah bahan pangan strategis ini pun membuat daya beli masyarakat menurun. Yang biasanya membeli 1 kilogram, kini dikurangi dan hanya membeli setengah kilogram saja,” ungkapnya.

Ia memprediksi harga tersebut masih akan melonjak terlebih menjelang moment natal dan tahun baru 2024. Dikhawatirkan, jika harga terus mengalami kenaikan, pembeli semakin sedikit.

“Sementara, modal usaha yang kami butuhkan semakin besar,” ujarnya. (asw/paluekspres)

Pos terkait