Remaja Sangat Berpotensi Jadi Pengguna Narkoba

  • Whatsapp

TOUNA, PE – Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) AKBP Djohansah Rahman mengatakan, remaja masa kini hidup dalam zaman yang berada dalam sebuah lingkaran besar. Di mana sebagian remaja berada dalam lingkungan yang beresiko tinggi  terhadap penyalahgunaan narkoba.

“Terjerumusnya para remaja ke dunia narkoba karena tidak berada dalam pengawasan orang tua, yang mana orang tua sibuk dengan urusan masing-masing, sehingga remaja  tidak lagi berkomunikasi dengan orang tua,” kata Djohansah pada kegiatan KIE P4GN di Kecamatan Tojo, beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba dapat dicegah. Namun, karena permasalahannya sangat kompleks, disebabkan berbagai faktor yang kompleks pula, memerlukan upaya yang komprehensif dan terpadu.

“Penyebaran informasi yang tepat dan terpercaya melalui kampanye dan penyuluhan adalah salah satu upaya pencegahan namun tidak cukup,” ujarnya.

Menyadari potensi penyalahgunaan narkoba adalah masalah perilaku sosial, katanya, maka pemberian informasi atau pengetahuan harus didukung upaya pendidikan yang dapat mengubah perilaku dan pola pikir seseorang, selain membimbing anak agar menjadi dewasa.

“Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba perlu dilakukan dengan segala upaya atau tindakan untuk menghindarkan orang dari penggunaan narkoba dengan menjalankan cara hidup sehat serta mengubah kondisi lingkungan yang memungkinkan orang terkena penyalahgunaan narkoba. Sehingga motto mencegah lebih baik daripada mengobati sangat tepat,” katanya.

(mg3/Palu Ekspres)

Pos terkait