Begini Kesiapan Dinkes Parimo sambut Equator 10 KM Besok

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PARIMO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) sejauh ini telah mempersiapkan tim medisnya dalam menghadapi perhelatan Festival Pesona Teluk Tomini.

Dalam event ini, akan digelarlomba lari Equator 10 kilometer yang akan diikuti oleh beberapa pelari luar Negeri, seperti sari Somalia dan Kenya. Kegiatan ini bertempat di Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan, pada 1 April 2017 besok.

Bacaan Lainnya

Terkait dengan kegiatan ini, pihak Dinas Kesehatan Parimo telah menyiapkan empat orang tenaga dokter. Selain tenaga medis, juga telah disiapkan tiga pos yakni pos star, pos pertengahan serta pos finish.
Selain tiga pos ini, pihak Dinkes juga menyiapkan pos Mobile Puskesmas (Ambulace) dan pos medis motor, dalam hal ini kesiapan tenaga medis sudah dianggap mampu untuk menangani ini karena sudah didukung oleh empat tenaga dokter dan satu orang dokter gigi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Revi Tilaar saat ditemui Palu Ekspres di ruang kerjanya, Rabu (29/3).

Ia menjelaskan, teknis pelaksanaan lomba lari Equator 10 KM, terutama  pada saat para peserta di posisi star, akan dikawal oleh dua dokter umum, yakni dokter Melki bersama rekannya yang juga seorang dokter yang mempunyai kemampuan untuk berbahasa Inggris.

Di pos pertengahan, kata dia, juga disiapkan seorang dokter, begitu juga pos finish juga ada seorang dokter.

“Sebelum melakukan start, terlebih dahulu para pelari ini melakukan welcome drink atau minum air kelapa muda, selanjutnya diperiksa atau tes kesehatan tanda- tanda vital atau periksa kesehatan jantung yang akan dilakukan oleh ke empat dokter tersebut,’’ ujarnya.

Revi menambahkan, posisi start nantinya berada di Desa Maninili Utara yang akan dilepas oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.  Setelah itu, para pelari sudah dilepas dan diikuti oleh dua mobil mobile (ambulance) dan satu orang tim medis motor.

Di luar dari tiga pos yang disiapkan, juga ada beberapa puskesmas yang juga siap dalam penanganan di kegiatan ini. Jadi persiapannya kata dia, mulai dari tanggal 30 sampai dengan 31 Maret 2017, mulai mempersiapkan alat- alat atau perlengkapan mobil seperti mengecek mesin mobil, tambah angin, ganti oli mesin.

(mg4/Palu Ekspres)

Pos terkait