Hadianto Didaulat Sampaikan Hikmah Maulid Nabi di Besusu Barat

  • Whatsapp
Hadianto Rasyid membawakan hikmah maulid di Lorong Bakso, Besusu Tengah, Sabtu (5/10/2024). Foto: Media Center Hi

Palu, PaluEkspres.com–  Hadianto Rasyid disambut warga Besusu Barat tepatnya di Lorong Bakso dengan hiburan rabana yang dibawakan pengurus Masjid Taklim Al-hidayah Ismail dan Majelis Taklim Badrun Madura.

Hermanto, M.Si, selaku ketua panita, mengatakan keluarga besar di RW 9 yang terdiri 3 RT tersebut, secara rutin setiap tahun melaksanakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW.  Bahkan, setiap usai lebaran dibuat tradisi ketupat juga dengan harapan agar ukhuwah selalu terjalin tanpa membeda – bedakan warganya.

Bacaan Lainnya

 “Kami selalu  rutin melakukan seperti ini. Tradisi silaturahmi kita pelihara dalam rangka mengokohkan ukhuwah sesama warga, selain itu kita juga ada tradisi ketupat dan ini murni syiar memperingati Maulid Nabi,” kata Hermanto pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lorong Bakso Besusu Tengah, Sabtu (5/10/2024).

Kebetulan kata Hermanto, di sini Hadianto Rasyid sengaja dihadirkan. Sebab, warga masyarakat di wilayah ini sangat mendukung kepemimpinannya selama menjadi wali kota  Palu.

Kesempatan itu sengaja diberikan sebagai alumni sesama santri untuk didaulat menyampaikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri ratusan warga.

“Sebenarnya saya bukan ustad tapi jika dimandat untuk menyampaikan hikmah maulid itu pun harus dilakukan walau satu ayat pun terpenting kita semua mendapatkan berkahnya,” ucap Hadianto.

Hadianto mengatakan dirinya berterima kasih karena telah dipercayakan membawakan Hikmah Maulid.

” Hikmah Maulid yang saya bawakan tersebut sebagai ungkapan ke diri saya juga sebab kita perlu bercermin, peringatan maulid ini   dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi biasanya diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah,” jelas Hadianto yang merupakan alumni salah satu pondok pesantren di Jawa.

Melestarikan ajaran dan misi perjuangan dari Rasulullah dan juga para nabi merupakan salah satu hikmah dari memperingati Maulid Nabi.

“Maulid Nabi memiliki banyak hikmah, seperti mendorong membaca salawat, ungkapan kegembiraan, rasa syukur, mengajarkan kedermawanan, keadilan, meneguhkan rasa cinta kepada Rasulullah, meneladani perilaku baik Rasulullah, dan melestarikan ajaran Rasulullah,” ujarnya.

Pos terkait