oleh

Kampung KB Jangan Seremoni Belaka

PALU EKSPRES, PALU – Enam kampung keluarga berencana (KB) telah terbentuk di Kota Palu. Tujuan utama kampung KB adalah menyosialisasikan gerakan program KB yang dilakukan bersama elemen masyarakat dan stake holder terkait.

Di Kota Palu target pendirian kampung KB tahun ini minimal satu kampung KB dalam satu wilayah kecamatan. Sejauh ini tersisa dua kecamatan yang belum melakukan pencanangan, yakni Kecamatan Palu Utara dan Selatan. Pemkot melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB menargetkan seluruhnya akan rampung Mei tahun ini.

Sekretaris Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng Andi Kamariah menyebut, program kampung KB digagas langsung Presiden RI Joko Widodo. Kampung KB diharap dapat merealisasikan peprogram-program kependudukan dan KB pembangunan keluarga (KKBPK) untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

“Persiden Jokowi menekankan pentingnya program KKBPK. Utamanya pengendalian jumlah penduduk,”kata Andi Kamariah mewakili Kepala BKKBN Sulteng dalam pencanangan Kampung KB Kelurahan Baru Kecamatan Palu Barat, Selasa (16/5).

Kampung KB jelasnya merupakan bagian dari Nawacita 3,5 dan 5 Presiden Jokowi. Yakni pembangunan yang dimulai dari pinggir sebagai upaya memperkuat negara. “Salah satunya pembangunan keluarga sejahtera yang dimulai dari pinggir yaitu pedesaan dan kelurahan,”jelas Andi.

News Feed