oleh

Razia Kos-kosan di Palu Terapkan Sanksi Adat

PALU EKSPRES, PALU – Satuan tugas (Satgas) kebersihan, keindahan, ketertiban,keamanan, dan kenyamanan (K5) Kota Palu mulai menggeliat. Setiap malam di atas pukul 22.00 wita Satgas menjadwalkan diri merazia rumah kost untuk menertibkan pasangan tidak resmi dan prilaku yang menjadi penyakit masyarakat lainnya.

Seperti yang dilakukan Satgas K5 kelurahan Lolu Selatan Kecamatan Palu Timur Sabtu malam (22/7). Satgas dipimpin langsung Lurah Lolu Selatan Rosana Hardiyanti berhasil menjaring beberapa pasang muda mudi yang tidak memiliki buku nikah sedang bersama dalam sebuah rumah kos, tepatnya di seputar Jalan Kartini Palu.

Selain itu Satgas juga mendata seluruh penghuni kos yang tidak memiliki dokumen kependudukan KTP. Rosana menyebut seluruh warga yang terjaring razia akan diundang untuk mengklarifikasi. Bagi pasangan tak resmi nantinya akan diajukan kepada tokoh adat setempat untuk diberikan sanksi adat.

“Sakligus kita akan melakukan pembinaan bersama dengan unsur lain dalam Satgas,”kata Rosana kepada wartawan.
Di waktu bersamaan, razia Satgas K5 Kulurahan Talise Valangguni kecamatan Mantikulore yang dipimpin M Iqbal juga berhasil mengamankan banyak pasangan tak resmi, Sabtu malam 22 Juli 2017.

Bahkan Satgas berhasil mengamankan dua unit motor yang diduga hasil kejahatan pencurian motor. Pasalnya ungkap Iqbal, dua motor masing-masing merk RX-King dan Jupiter itu menggunakan nomor kendaraan yang sama.

“Ini sudah kami serahkan ke bagian Jatanras Polda Sulteng untuk diselidiki lebih lanjut,”bebernya.

Pihaknya lanjut Iqbal juga telah menindaklanjuti hasil penertiban pasangan remaja tak resmi dengan mengundang orang tua keduanya. Dimana kata Iqbal, orang tua kedua remaja berjanji akan menikahkan anak mereka.

“Hari ini (Senin) kedua orang tua kami undang ke kelurahan untuk diproses. Jika tidak dinikahkan, maka akan diterapkan sanksi adat dari lembaga adat Talise Valangguni,”jelas Iqbal.

Saat ini seluruh Satgas K5 juga tengah fokus melaksanakan tugas dalam rangka upaya menciptakan kebersihan lingkungan dengan mengajak masyarakat menggelar kerja bakti bersama setiap hari Sabtu.

(mdi/Palu Ekspres)

News Feed