Banyak Manipulasi Data Distribusi Obat, Ini Sikap Hidayat

  • Whatsapp
Walikota Palu, Hidayat

PALU EKSPRES, PALU – Walikota Palu Hidayat akan menerapkan pendistribusian obat-obatan dengan sistem elektronik. Ini menurutnya untuk menekan terjadinya manipulasi data jumlah obat yang disalurkan keseluruh Puskesmas.

“Agar tidak ada perbedaan jumlah obat yang keluar dari gudang dinas kesehatan dan yang sampai di Puskesmas,”kata Hidayat.

Bacaan Lainnya

Sistem yang digunakan selama ini yaitu pencatatan secara manual menurutnya rawan manipulasi. Bisa saja ada pihak yang menjadikan pencatatan manual sebagai celah untuk mencari keuntungan pribadi. “Kalau pake sistem elektronik, semua tercatat secara online. Berapa yang dibeli, berapa yang disalurkan ke setiap puskesmas. Dan ini mudah kita pantau,” jelasnya.

Hidayat menyebut upaya ini sebagai bentuk penatakelolaan pelayanan publik yang lebih transparan. Apalagi memang belakangan dirinya mengaku menerima laporan bahwa ada dugaan telah terjadi manipulasi data distribusi obat. “Ada laporan demikian. Jadi dari hasil selisih manipulasi jumlah obat itu ada yang menjualnya ke apotik-apotik,” ungkapnya.

Kedepan dengan sistem elektronik seluruh pencatatan jumlah obat bisa lebih baik. Karena semua pihak bisa memantau pergerakan pendistribusian obat ke fasilitas pelayanan kesehatan. Ini juga sebagai bentuk mewujudkan tata kelolah pelayanan publik menuju god governance.
“Saya kira kedepan semua pelayanan publik memang harus kita dorong menggunakan sistem elektronik,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Pos terkait