oleh

Pemkab Bandung Sharing Inovasi ke Palu

PALU EKSPRES, PALU – Kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Bandung tahun ini memilih Kota Palu sebagai tujuan. Kunker dipimpin Wakil Bupati Bandung Gun-Gun Gamawan dan diterima langsung Walikota dan Wakil Walikota Palu.

Dalam pertemuan singkat di ruang kerja Walikota Palu, Senin (28/8), kedua pemimpin daerah ini saling bertukar informasi mengenai inovasi masing-masing daerah dalam melaksanakan program pembangunan.

Hidayat dalam pertemuan itu membeberkan inovasinya membentuk tim pendamping (TP) Walikota yang akan mengarahkan rencana anggaran dan kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai visi-misi.

Menurutnya TP juga menjadi kanal untuk menyaring usulan rencana kerja anggaran (RKA) yang proporsional, rasional dan realistis. Selain soal TP walikota, Hidayat menyebut persentase forsi belanja pendidikan dan kesehatan dalam APBD Palu saat ini sudah melebihi dari yang diamanatkan. Itu menurutnya sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesehatan masyarakat Palu.

Pada bidang kebersihan, Hidayat menyampaikan pihaknya membentuk satuan tugas (satgas) kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan (K5). Serta memperkuatnya dengan pembentukan forum gerakan galigasa (3G). Semua itu jelas Hidayat dilakukan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam upaya K5.

Wabup bandung Gun-Gun Gamawam menyatakan kunjungan itu untuk memperoleh informasi akan terobosan-terobosan pembangunan yang dilaksanakan Pemkot Palu. Dia menjelaskan Kabupaten Bandung saat ini tengah mendorong program pembentukan 1000 kampung UKM. Yaitu dengan memaksimalkan potensi sumber daya alam berupa bambu.

Di hadapan Walikota Palu, Gun-Gun mengapresiasi terobosan pembentukan tim pendamping. Menurutnya, strategi itu bisa diterapkan di internal Pemkab Bandung. “Ini sepertinya menarik. Kami akan sampaikan ini kepada Bupati,”kata Gun-Gun.

(mdi/Palu Ekspres)

 

News Feed