Tabulasi Gerindra, Klaim 7 Kursi DPRD Palu

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PALU – DPC Gerindra Kota Palu mengaku telah memiliki 100persen data tabulasi internal perolehan suara pada Pemilu tahun 2019 tingkat Kota Palu. Meski  tidak merinci angkanya, partai berlambang kepala Garuda itu mengklaim merebut 7 kursi DPRD.

Wakil Sekretaris DPD Gerindra Palu, Armin menjelaskan, berdasarkan tabulasi internal perolehan suara partai secara keseluruhan, Gerindra berpeluang mendapat 7 kursi.

Bacaan Lainnya

Untuk daerah pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Palu Timur- Mantikulore, suara Gerindra menurutnya berhasil  mengambil 2 dari 11 kursi yang diperebutkan. Yakni kursi ke 1 dan kursi ke 9. Perolehan suara di Dapil 1 selaras dengan tabulasi internal  yang sebelumnya dirilis PKS.

“Hanya bedanya persentase dalam tabulasi PKS baru 90persen.

Sedangkan dijamin sudah 100persen,”ungkap Armin, Rabu 24 April 2019.

Sedangkan Dapil 2 Kecamatan Palu Utara-Tawaely, tabulasi Gerindra sebut Armin menggambarkan angka untuk merebut 1 dari 4 kursi yaitu kursi ke 4.

Berikutnya untuk Dapil 3 Kecamatan Palu Selatan-Tatanga. Armin menyebut, untuk Dapil 3 Gerindra berpeluang merebut 3 dari alokasi 12 kursi yang diperebutkan.

Masing masing-masing untuk kursi ke 1, 9 dan kursi ke 12.

Sesuai tabulasi internal, Armin mengaku untuk kursi ke 12 di Dapil 3, suara Gerindra saling kejar dengan perolehan suara partai Hanura, Perindo dan Golkar.

Namun kata dia, perolehan suara untuk kursi ke 12 di Dapil 3 bisa saja kemudian bertambah dan bisa pula berkurang. Mengingat akan ada pemungutan suara ulang (PSU) pada TPS 10 Kelurahan Tatura Selatan dan TPS 12 Kelurahan Birobuli Utara.

“Tapi apapun itu peluang suara kita juga besar untuk kursi 12 di Dapil 3 ini.

Kita sama-sama punya pegangan data internal,”jelasnya.

Sedangkan untuk Dapil 4 Kecamatan Palu Barat-Ulujadi, perolehan suara Gerindra imbuhnya berhasil meraih 1 dari 8 kursi yang diperebutkan yaitu kursi ke 2.

Armin menambahkan, tabulasi perolehan suara internal Gerindra tidak jauh berbeda dengan tabulasi internal PKS yang telah dirilis sebelumnya.

“Intinya perolehan suara Gerindra Palu secara keseluruhan berpeluang meraih 7 kursi.

Penentuannya ada di Dapil 3. Karena PSU bisa saja membuatnya naik bisa pula turun,”demikian Armin.

Pos terkait