Begini Cara MTsN Palu Selatan Tanamkan Jiwa Kepemimpinan Islami Pada Siswa

  • Whatsapp
adv

PALU, PE – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Palu Selatan, mendorong para siswa, khususnya yang akan menjadi pengurus OSIS, untuk memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang Islami dalam dirinya.

Menurut Kepala MTsN Palu Selatan, Drs. Ahyar, nilai-nilai pribadi pemimpin yang Islami, dibutuhkan oleh para siswa, sebagai bekal untuk menjalani kehidupan mereka kelak sebagai seorang pemimpin.

Bacaan Lainnya

“Olehnya, pada beberapa waktu lalu, kami mengadakan pelatihan kepemimpinan bagi siswa, yang kami nilai berpotensi, sebagai ajang menanamkan nilai-nilai kepemimpinan, serta sebagai persiapan mereka menjadi pengurus OSIS nantinya,” jelas Ahyar, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/2).

Dalam pelatihan tersebut, kata Ahyar, para siswa diberikan muatan-muatan materi, tentang dinamika berkelompok, kepribadian serta percaya diri, serta pembinaan mental dan kepribadian.
“Tujuannya, tidak lain agar mereka nantinya, bisa siap bertanggung jawab ketika dibebankan sebuah amanah kepemimpinan,” imbuhnya.

Selain itu, dalam pelatihan kepemimpinan, yang diselenggarakan di salah satu lokasi wisata pantai tersebut, para siswa juga diberikan beberapa pemahaman, tentang pentingnya cinta tanah air sejak dini.

“Kami juga berikan materi bela negara, serta kami ajarkan kepada mereka lagu-lagu kebangsaan. Ini untuk menanamkan jiwa nasionalis pada para siswa,” ujarnya lagi.

Sekretaris Panitia, Fahri Kamal menambahkan, Upaya membangun kecintaan kepada negeri, juga diwujudkan para siswa, dalam bentuk kecintaan menjaga lingkungan sekitar. Yang dalam hal ini, para siswa turut diajak dalam gerakan bersih-bersih pantai.

“Kita juga ajarkan kecintaan pada lingkungan, jadi pada pagi hari, sebelum menerima materi tentang kepemimpinan, kami beri waktu bagi para siswa untuk melakukan gerakan bersih-bersih pantai,” pungkas Fahri.

(mg01/Palu Ekspres)

Pos terkait