oleh

Palu-Banggai Koordinasi Wujudkan Program Kotaku

PALU EKSPRES, PALU- DPRD bersama Pemkot Palu terus mendorong percepatan realisasi program kota bersih dan kota tanpa kumuh. Ini merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh di perkotaan. Untuk kepentingan itu DPRD Palu bersama Pemkot juga meningkatkan koordinasi bersama antar kabupaten kota se Sulteng.

Koordinasi dan komunikasi terkait program ini salahsatunya dilakukan bersama Pemda Kabupaten Banggai. Kordinasi digelar bersama Wakil Ketua DPRD Erman Lakuana dan Asisten 1 Pemkot Palu, Rifani Pakamundi, Senin 26 Oktober 2020. Kunjungan kerja ini membahas tentang langkah -langkah strategis dua kabupaten kota dalam upaya mewujudkan program Kotaku di Palu dan Kabupaten Banggai yang dikomunikasikan dengan Sekretaris Daerah Pemda Banggai.

Asisten 1 Pemkot Palu, Rifani Pakamundi menjelaskan, selain mengenai program Kotaku, kunjungan kerja ini juga untuk membangun komunikasi terkait pemeliharaan penerangan jalan umum daerah yang menjadi bagian dari penopang progam Kotaku “Kabupaten Banggai menjadi rujukan karena daerah ini kerap mendapat adipura. Bahkan sudah dua kali berturut-turut,”jelasnya.

Penerangan Jalan Umum (PJU) yang menjadi bagian paling pokok untuk mendukung perkembangan mobilitas masyarakat dalam membuat kegiatan yang sengaja dipasang di ruas jalan maupun tempat-tempat tertentu.
Menurutnya, program Kotaku merupakan pola mempercepat penanganan pemukiman kumuh di perkotaan. Pelaksanaannya menggunakan platform kolaborasi antara Pemerintah Pusat, provinsi, kota/kabupaten.
“Masyarakat dan stakeholder dan pemerintah diposisikan sebagai pelaku utama dalam program ini,”jelas Rifani.

Tujuan utama program ini tambahnya, adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman kumuh perkotaan. “Kemudian mencegah timbulnya pemukiman kumuh baru dalam rangka untuk mendukung terwujudnya pemukiman perkotaan layak huni, produktif, dan berkelanjutan,”pungkasnya. (mdi/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed