Prestasi Membanggakan, Semua Daerah di Sulteng Raih WTP saat Pandemi

  • Whatsapp
SERAHKAN PLAKAT - Penyerahan plakat capaian WTP 5 kali berturut-turut dari Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulteng Irfa Ampri kepada Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola, Kamis 12 November 2020 di gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng. Foto: Humas

PALU EKSPRES, PALU– Tahun ini menjadi tahun spesial bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan seluruh pemerintah kabupaten dan kotanya di daerah ini. Meski dilanda bencana non alam, pandemi Corona Virus Disease (Covid 19), kinerja pemerintah ternyata tetap berjalan optimal. Utamanya soal pengelolaan keuangan daerah.

Terbukti dengan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulteng, semuanya mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Selain itu, laporan hasil pemeriksaan LKPD Pemerintah Provinsi Sulteng sendiri juga telah mendapat opini WTP selama 7 kali berturut-turut.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah untuk pertama kalinya LKPD provinsi, kabupaten dan kota se Sulteng secara keseluruhan memperoleh WTP,” kata Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola saat menerima piagam penghargaan opini WTP Tahun 2019, Kamis 12 Oktober 2020 di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng
Penyerahan plakat penghargaan dengan protokol kesehatan ini dihadiri bupati dan penjabat sementara bupati se Sulteng, serta Pelaksana tugas Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said, forkopimda dan OPD lingkup provinsi.

Longki dalam kesempatan itu mengaku sangat bangga atas pencapaian ini. Utamanya opini WTP yang telah diraih sebanyak tujuh kali. Termasuk didalamnya prestasi 6 kali berturut-turut WTP atas hasil pemeriksaan LKPD TA 2014 sampai 2019. “Saya bermimpi tahun depan (2021) tetap WTP. Insyaallah ini tanggungjawab kita bersama dan pertanggungjawaban kita kepada masyarakat,” harapnya.

Meski begitu, Longki mengingatkan agar semua pemangku kepentingan mempertahankan pengelolaan keuangan daerah secaar akuntabel. Mengingat kata dia pandemi yang belum pasti kapan akan berakhir.
“Tahun depan mungkin kita masih dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19 jadi jangan pernah berpikir ini adalah kondisi sementara untuk beberapa bulan,”ujarnya. Untuk itu, sosialisasi dan pelaksanaan protokol kesehatan 3M sambungnya harus dijadikan prioritas. Seperti lomba video inovasi new normal, produktif dan aman Covid-19 yang diprakarsai Badan Penelitian, Inovasi dan Pengembangan (BPIP) Sulteng.

Pos terkait