MTs Negeri 2 Palu Miliki Wakamad Baru

  • Whatsapp
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kota Palu menggelar pemilihan wakil kepala madrasah (Wakamad) periode 2021-2023, Rabu (13/1/2021). Foto: Humas Kemenag
adv

PALU EKSPRES, PALU – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kota Palu menggelar pemilihan wakil kepala madrasah (Wakamad) periode 2021-2023, Rabu (13/1/2021).
Pemilihan Wakamad yang pertama kali dilakukan tersebut, melibatkan seluruh guru yang ada di MTsN 2 Kota Palu. Dari 46 guru di madrasah itu, 40 orang menyalurkan hak pilihnya. 6 orang berhalangan hadir.
Adapun Wakamad yang terpilih berdasarkan perhitungan surat suara dari masing- masing bidang adalah, Pertama, Wakamad Akademik yang terpilih Naif, dengan perolehan 39 suara. Kedua, Wakamad Kesiswaan Edawati, S. Ag. M. PdI, dengan perolehan 27 suara. Ketiga, Wakamad Sarpras Muh. Amir, dengan perolehan 29 suara. Keempat, Wakamad Humas Irmatriani, dengan perolehan 25 suara.
Kepala MTs Negeri 2 Palu, H. Syamsu Nursi, mengatakan, pelaksanaan pemilihan Wakamad ini menindaklanjuti Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor :1531 Tahun 2020 tentang Pengangkatan Guru Yang Diberi Tugas Tambahan sebagai Wakil Kepala Madrasah. “Sehingga, legalitas Wakamad 2 tahun ke depan dapat diakui ekufalen jam tambahan sebanyak 12 Jam sebagai Wakamad, setelah terbitnya juknis pemilihan Wakamad,” kata Syamsu.
Ia mengharapkan agar Wakamad yang terpilih nanti adalah merupakan pilihan terbaik dari bapak dan ibu guru untuk mendampingi Kepala Madrasah dua tahun ke depan.
Pengawas Pembina MTs Negeri 2 Kota Palu, Sahrir, sebelum membuka acara pemilihan menyampaikan apresiasi kepada Kepala MTs Negeri 2 Kota Palu yang telah melaksanakan pemilhan Wakamad berdasarkan juknis dari Kementerian Agama. Sehingga, keabsahan dan legalitas Wakamad dua tahun ke depan diakui oleh aturan yang sudah ditetapkan dalam SK Dirjen Pendis Nomor 1531 Tahun 2020.
“Ini merupakan madrasah tsanawiyah yang pertama di Kota Palu melakukan pemilihan Wakamad sesuai dengan pedoman yang sudah diterbitkan Kementerian Agama,” ujarnya.
Ia berharap madrasah lain yang ada Kota Palu, bahkan Provinsi Sulteng bisa mengikuti MTsN 2 Kota Palu yang melaksanakan pemilihan, hampir sama persis dengan pemilihan kepala daerah yang baru saja dilaksanakan di daerah ini.
“Mudah-mudahan Wakamad yang terpilih nanti dapat membantu kepala madrasah untuk menjalankan program kerjanya di MTs Negeri 2 Kota Palu sehingga madrasah ini menjadi lebih baik,” kata Sahrir.
(Humas Kemenag)

Pos terkait