MAN 1 Palu Gelar Simulasi UNBK

  • Whatsapp
SIMULASI – Suasana simulasi pelaksanaan UNBK di MAN 1 Palu, Senin 20 Februari 2017. Foto Istimewa

PALU, PE – Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Palu, menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di laboratorium komputer MAN 1 Palu, mulai Senin (20/2).

Kepala MAN 1 Palu, Taufik Abd. Rahim menjelaskan, kegiatan simulasi UNBK, bertujuan memantapkan persiapan segenap komponen Madrasah, jelang pelaksanaan Ujian Nasional 2017 nantinya.

Bacaan Lainnya

“Khususnya bagi para siswa, melalui simulasi ini, mereka bisa tahu dengan baik tahapan-tahapan dalam pelaksanaan UNBK, sehingga nantinya dapat berjalan lancar pada saat ujian,” ujar Taufik.

Ia juga menegaskan, madrasah yang dipimpinnya tersebut, sudah sangat siap melaksanakan UNBK, yang pada tahun ini, merupakan pelaksanaan UNBK perdana.

Persiapan yang dilakukan, kata Taufik, bukan hanya untuk UNBK, tetapi juga dirangkaikan dengan persiapan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

“Ini tahun pertama kami melaksanakan UNBK. Semua persiapan sudah kita matangkan, panitia sudah kita bentuk, infrastruktur juga sudah siap. Ini termasuk persiapan UAMBN dan USBN, yang digelar manual,” jelasnya.

Taufik mengakui, pelaksanaan UNBK memiliki beberapa poin positif, terutama dari segi efektifitas pelaksanaan yang dinilai lebih praktis, dibandingkan pelaksanaan UN secara manual.

“Jadi, kita tidak lagi repot-repot mengurus berbagai hal, seperti menjemput naskah, dan menjaga naskah beberapa hari penuh, yang kadang sampai melibatkan pihak Kepolisian. Dalam UNBK, yang perlu kita antisipasi nantinya, paling tidak tinggal pasokan listrik, jaringan serta server,” ujarnya lagi.

Pada 2017 ini, MAN 1 Palu menyediakan 70 unit komputer dan laptop, yang akan digunakan sebagai alat pelaksanaan UNBK, yang akan diikuti sejumlah 208 orang siswa, dari MAN 1 Palu dan MA Darul Iman Palu.

“Kami menyediakan 70 unit komputer dan laptop, untuk digunakan lebih dari 200 orang siswa, sebanyak 192 siswa MAN 1 Palu, dan 14 dari MA Darul Iman Palu, yang mengikuti pelaksanaan UNBK di sini,” pungkas Taufik.

(mg01/Palu Ekspres)

Pos terkait