oleh

5 Kepala Daerah di Sulteng Dilantik, 2 Kabupaten Masih Menunggu Keputusan MK

PALU EKSPRES, PALU – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten dan kota di Sulteng hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2021 digelar di Yodjokodi Convention Center (YCC), Jumat (26/2/2021).

Rangkaian acara pelantikan dimulai dengan penandatangan berita acara pelantikan lalu penyematan tanda pangkat jabatan serta penandatanganan pakta integritas.

Dilanjutkan sekaligus dengan pelantikan Ketua TP PKK dan Dekranasda kabupaten/kota.

Lima kepala daerah yang dilantik adalah Wali Kota Palu dan Wakil Wali Kota Palu, Handianto Rasyid-Reny Lamadjido. Bupati dan Wakil Bupati Poso, Verna Ingkiriwang – Yasin Mangun.

Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, Amran H Yahya – M Besar Bantilan. Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa – Ablit H Ilyas. Serta Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Irwan Lapata – Samuel Yansen Pongi.

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola dalam arahannya mengatakan, dua kabupaten masih menunggu hasil putusan MK. Yakni Morowali Utara dan Tojo Una-una.

Sementara Bupati dan Wakil Bupati Banggai jelasnya dilantik nanti pada Juni sesuai Akhir Masa Jabatan (AMJ). Demikian juga provinsi AMJ pada Juni 2021 sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Menurutnya, proses pelantikan secara langsung hanya diberikan kepada empat provinsi. Termasuk Sulteng. Karenanya pelantikan digelar secara ketat dengan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19. 

Longki meminta para kepala daerah menjalankan amanat dengan jiwa ksatria, ikhlas dan bertanggung jawab.

“Rangkul semua kepentingan yang ada. Saatnya kembali bersama. Jangan saling berburuk sangka, saling benci dan memusuhi yang bisa rugikan masyarakat,” kata Longki. (mdi/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed