Identifikasi Kebutuhan Belajar Peserta Didik

  • Whatsapp
MHD Natsir. Foto: Istimewa

Identifikasi kebutuhan belajar dapat digunakan untuk menyusun kurikulum yang lebih baik bagi satuan pendidikan formal. Sedangkan pada satuan pendidikan non formal dan informal, identifikasi kebutuhan belajar akan memudahkan untuk membuat berbagai program. Agar proses belajar yang dilalui dapat membantu pembelajarnya menjadi lebih baik lagi dari sisi pengetahuan, maupun dari kemampuan yang dapat ditingkatkan melalui berbagai program pelatihan. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan masa depan peserta didik. Seeing segala kegiatan yang dilaksanakan menjadi efektif dan dapat diterima oleh semua.

Pandemi Covid 19 yang masih belum berakhir sampai saat ini tidak boleh mematikan semangat belajar para peserta didik. Sebaliknya harus menjadikan satuan pendidikan untuk lebih kreatif dalam menyusun pembelajaran berbasis kebutuhan belajar peserta didik. Belajar sesuatu yang akan mereka rasakan manfaatnya. Karena salah satu ciri pendidikan yang berpihak pada kebutuhan belajara dalah bersifat lokal, desentralistis, temporal, dan fungsional.Artinya setiap program pendidikan harus diselenggarakan spesifik berdasarkan situasi setempat, sesaat, dan berdaya guna segera. Seeing dengan demikian diharapkan kegiatan pembelajaran yang dijalankan dalam satuan pendidikan, baik formal, non formal dan informal bisa berpihak kepada peserta didik dan menjawab kebutuhan belajar mereka.

Bacaan Lainnya

Semoga saja pandem iini segera berakhir dan memberikan kesempatan kepada setiap kita untuk bisa melaksanakan proses belajar dengan baik, dan bisa memenuhi kebutuhan belajar dari setiap peserta didik. Seeing segera terwujud tujuan dari pembelajaran yang dilaksanakan. ***

*Dosen Jurusan PLS FIP UNP Padang

Pos terkait