oleh

Tekan Stunting, Pengurus PKK Palu Rutin Pantau Ibu Hamil

PALU EKSPRES, PALU – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Palu, Diah Puspita meminta pengurus TP PKK untuk aktif memantau pelayanan ibu hamil ditingkat Posyandu.

Hal ini dikemukakan Diah Puspita dalam pembukaan workshop TP PKK dengan tema peran PKK dan digitalisasi data dalam penurunan angka stunting di Kota Palu, Senin (12/4/2021) di salahsatu hotel di Palu

Menurutnya, faktor penyebab terjadinya stunting disebabkan oleh beberapa hal di antaranya faktor gizi buruk yang dialami ibu hamil maupun Balita, kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi sebelum ataupun pada masa kehamilan serta kurangnya akses air bersih dan sanitasi.

“Peran PKK di sini sangat penting untuk mengetahui faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun anak balita, olehnya diharapkan seluruh ibu-ibu PKK aktif turun ke Posyandu melihat para ibu hamil maupun yang sudah melahirkan dan menyusui,” harap Diah Puspita.

Diah menambahkan pola hidup yang sehat menjadi budaya dan harus dimulai dari kesadaran diri sendiri, sehingga akan membantu percepatan penurunan stunting, serta membantu percepatan peningkatan pencapaian indeks pembangunan manusia di kota Palu

Sebelumnya Diah Puspita menyebut, PKK merupakan gerakan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggeraknya.

Gerakan ini bertujuan membentuk keluarga bahagia, sejahtera, maju, dan mandiri, sehingga Tim Penggerak PKK berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali gerakan PKK dan menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi Pemerintahan.

Selanjutnya, meningkatkan jumlah dan kualitas sosialisasi para kader dasa wisma kepada keluarga di wilayah kerjanya, kemudian memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap pelaksanaan program pencegahan dan penanggulangan stunting. (mdi/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed