PLN: Kelistrikan di Palu Kondisi Siaga

  • Whatsapp

PALUEKSPRES, PALU– General Manager Unit Induk Wilayah (GM UIW) PLN Sulutenggo Leo Basuki menyampaikan bahwa kelistrikan di Kota Palu dalam kondisi siaga tetapi PLN terus berusaha untuk tidak terjadi pemadaman.

“Kondisi ini disebabkan ada tower yang roboh akibat banjir, sementara dalam pemulihan perbaikan,” kata Leo saat bertemu  dengan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir, Selasa (14/9/2021), di ruang kerja Wagub.

Bacaan Lainnya

Leo Basuki  pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa saat ini peningkatan pembangunan infrastruktur PLN di wilayah Sulawesi Tengah cukup  besar. Hal ini untuk memenuhi permintaan suplai listrik yang sangat besar akibat tingginya investasi di Sulawesi Tengah.

“Banyak permintaan suplai  listrik yang besar di Parigi Moutong, Donggala dan Palu untuk KEK. Ini membuat PLN harus secepatnya untuk melakukan konektifitas jaringan wilayah Sulawesi,” kata Leo Basuki.

Karenanya, PT. PLN akan melakukan MoU dengan KEK Palu dan perusahaan tambak udang untuk memenuhi kebutuhan listrik dan diharapkan kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur dalam acara penandatangan MOU dimaksud.

Lebih jauh Leo Basuki menyampaikan saat ini pembangunan jaringan listrik masuk desa terus diupayakan.  Sehingga seluruh desa  di Sulawesi Tengah sudah teraliri listrik.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir  menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT. PLN atas dukungannya untuk pembangunan jaringan listrik masuk desa.

“Kami minta PLN untuk lebih memperhatikan kebutuhan pasokan listrik kepada daerah – daerah yang masih memiliki pasokan listrik yang terbatas dan PLN juga diminta dapat mempersiapkan cadangan listrik yang besar untuk memenuhi peningkatan permintaan yang besar dengan tingginya rencana Investasi di Sulawesi Tengah,” kata Wagub Ma’mun.

Wagub juga menyampaikan harapan gubernur tentang adanya peran Perusda untuk terlibat dalam memenuhi gas untuk pembangkit listrik PLN. Sehingga, Wagub meminta dukungan PLN atas rencana pembangunan pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut di Banggai Laut untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Banggai Kepulauan dan Banggai Laut. Hal itu sebagai persiapan atas rencana investasi pembangunan industri semen putih di Banggai Kepulauan dan pembangunan jembatan penghubung Banggai Kepulauan dan Banggai Laut. Termasuk pembangunan bandar udara di Banggai Laut. (Biro Adpim Pemprov)

Pos terkait