Dinas Perpustakaan Palu Segera Buka Pojok Baca Digital

  • Whatsapp

PALUEKSPRES, PALU – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palu berencana membentuk pojok baca digital untuk menyesuaikan pola baca era milenial. Ini juga sebagai upaya menggairahkan kembali minat baca masyarakat khususnya kalangan pemuda.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Palu, Syamsul Saifudin menjelaskan, lokasi pojok baca digital akan dilaksanakan di Baruga Lapangan Vatulemo Palu.

Bacaan Lainnya

Untuk kepentingan itu, pihaknya akan menyediakan perangkat berupa komputer yang nantinya akan digunakan mengakses website perpustakaan sekaligus menyediakan jaringan internet.

“Dalam waktu dekat ini pojok baca digital akan segera kita launching sebagai sarana baca masyarakat,”kata Syamsul, Selasa 23 November 2021 di ruang kerjanya.

Menurutnya, pojok baca digital Kota Palu ini akan diintegrasikan dengan link aplikasi perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau iPusnas. Melalui iPusnas nantinya masyarakat bisa mengakses berbagai bacaan yang dibutuhkan.

“Dalam aplikasi IPusnas ini juga menyediakan bacaan untuk kepentingan belajar anak sekolah yang disesuaikan dengan kurikulum,”jelasnya.

Selain pojok baca digital, pihaknya juga akan membuat sebuah aplikasi digital untuk kepentingan kearsipan. Nantinya portal website itu akan menampung segala arsip dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara digital.

“Jadi semua OPD nantinya mengarsipkan dokumen-dokumen secara digital untuk dikumpulkan pada portal kearsipan tersebut,”pungkasnya. (mdi/paluekspres)

Pos terkait