Ibu Rumah Tangga Diimbau Tingkatkan Konsumsi Ikan

  • Whatsapp

Peringatan Hari Ikan Nasional tingkat Provinsi Sulteng dipusatkan di Taman GOR Kota Palu, Kamis (25/11/2021). Foto: dok DKP Sulteng

PALUEKSPRES, PALU– Ketua Forikan Sulawesi Tengah, Dr. Hj. Vera Rompas Mastura mengajak seluruh Ibu rumah tangga menyajikan ikan untuk makanan keluarga.

Bacaan Lainnya

“Melalui kesempatan ini saya mengharapkan kepada seluruh wanita dan ibu rumah tangga di Sulawesi Tengah, baik yang tergabung dalam organisasi wanita maupun yang belum, marilah kita menyayangi keluarga dengan menyajikan sajian ikan,” kata Dr. Hj. Vera Rompas Mastura dalam sambutannya di kegiatan Peringatan Hari Ikan Nasional di Taman Gor, Kota Palu, Kamis (25/11/2021).

Sebab, menurutnya, kandungan protein dari ikan sangat baik untuk kesehatan, sehingga dirinya mengajak agar seluruh Ibu rumah tangga untuk menyediakan ikan untuk konsumsi sehari-hari.

“Ikan merupakan sumber protein yang memiliki berbagai keunggulan bila dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Selain protein ikan mudah diserap, oleh tubuh, ikan juga memiliki lemak tak jenuh yang menguntungkan bagi tubuh seperti omega 3, omega 6, dan omega 9,” ujarnya.

Ia juga memberi apresiasi pada momen Hari Ikan Nasional yang telah diisi berbagai kegiatan yang mendukung peningkatan konsumsi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Tengah.

“Saya memberikan apresiasi terhadap berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan konsumsi ikan. Diharapkan kegiatan yang sangat bermanfaat ini dapat mendorong masyarakat Sulawesi lebih suka makan ikan,” katanya.

Lebih lanjut, Dr. Hj. Vera Rompas Mastura mengatakan, untuk pelaku UMKM pengelolah hasil perikanan di Sulawesi Tengah agar meningkatkan produktifitas olahannya, baik meningkatkan jumlah produknya dan lebih meningkatkan mutu olahannya.

“Ikutilah standar sanitasi dan higenis pengolahan ikan, serta teruslah mengikuti pedoman tata cara pengolahan ikan yang baik, tingkatkanlah dari yang memiliki sertifikat pengolahan atau SKP menjadi UMKM pengolahan ikan yang bersertifikat Hazaard Analatic Criterical Control Point,” katanya.

Dalam Peringatan Hari Ikan Nasional, Kepala DKP Sulteng, H Moh. Arif Latjuba kembali mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan.

“Guna meningkatkan kecerdasaan otak anak dan balita,” ujarnya.

Sebab, menurutnya, Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Sulteng mencapai 63,03 kg untuk perkapita dan pertahunnya.

“Saat ini konsumsi ikan kita naik sebesar 9,16 persen dari AKI tahun 2019 sebesar 57,74 kg perkapita masih di atas rata-rata nasional yakni sebesar 54,50 kg perkapita di tahun 2019 dan 56,39 kg perkapita di tahun 2020 atau naik 3,47 persen dan target tahun 2022 sebesar 60 kg,” ujarnya.

Arif Latjuba mengungkapkan, jika dibandingkan dengan Jepang, AKI di Indonesia terlampau jauh perbandingannya , karena AKI di Jepang mencapai 140 kg perkapita pertahun.

Sehingga, ia juga berharap AKI di Indonesia dan khususnya di Sulteng dapat mencapai 100 kg perkapita pertahun.

“Kita sekarang upayakan tingkatkan lagi untuk konsumsi ikan, jadi itu yang menjadi target kita kedepan,” katanya. (bid/paluekspres)

Pos terkait