ASN Pemkot Palu Perlu Adaptif Terhadap Inisiasi Eksternal Pemerintahan

  • Whatsapp

PALUEKSPRES,PALU – Seminar nasional Hari Ulang Tahun (HUT) ke 50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) menjadi salahsatu rangkaian peringatan HUT Korpi tingkat Kota Palu tahun ini.

Bertema “ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh”, seminar dilaksanakan di Grand Duta Hotel Palu, Kamis 2 Desember 2021.wali kota

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengapresiasi langkah progresif pengurus Korpri Kota Palu dalam menyemarakkan HUT Korpri tahun jni dengan menggulirkan banyak inovasi kegiatan.

“Saya berpesan agar setiap anggota Korpri Kota Palu menjadi abdi negara tangguh, profesional dan inovatif demi kemajuan Kota Palu yang kita cintai ini,”pesannya.

Sebelum seminar, pengurus Korpri Kota Palu menurutnya telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Mulai dari pemilihan ASN Idola dengan seleksi yang kompetitif hingga menetapkan 15 ASN terbaik di Kota Palu.

“Tentu kami berharap, Korpri Kota Palu, tanpa henti berinovasi sehingga dapat menjaga orbit idealnya agar marwah semua anggota dan pengurusnya tetap terjaga. Sebab Korpri adalah satu satuya organisasi kedinasan bagi para ASN,”ujarnya.

Terkait seminar, wali kota menyebut bahwa kegiatan merupakan wahana agar para ASN dan birokrasi di Kota Palu menjadi lebih open minded dan terbuka bukan hanya menyangkut pola pikir dan pola sikap semata. Melainkan juga adaptif terhadap berbagai inisiasi baik yang berasal dari luar lingkup kerja kita.

Tidak ada pilihan kata Hadianto Rasyid, bagi setiap ASN dan birokrasi di Kota Palu untuk segera menyesuaikan diri secara bertahap lalu bertransformasi menuju era digital dalam pelayanan optimal bagi masyarakat.

Karenanya untuk semua ASN peserta seminar lanjut Hadianto Rasyid, agar dapat menjadi pionir dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan digital. Yaitu suatu pemerintahan yang berbasis Smart City yang saling terhubung dan terintegrasi antara satu dengan yang lain.

“Sebab jika itu terwujud maka sistem pemerintahan kita dapat berjalan secara efektif dan efesien,”tandasnya.

Sesuai tema HUT Korpri, wali kota menerangkan hal itu mengamanatkan bahwa semua anggota Korpri harus dapat meningkatkan kontribusi dan upayanya untuk memajukan masyarakat dan negara terutama pada situasi pandemi seperti sekarang ini.

Melalui seminar nasional, anggota Korpri diharap lebih meningkatkan kinerja pelayanannya publik. Serta meningatkan semangat profesionalitas. Dengan begitu anggota Korpri Kota Palu dapat menjadi perajut kebhinekaan dengan menjadikan nilai nilai nasionalisme dan pancasila serta profesionalisme dalam tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

ASN Kota Palu, lanjut wali kota harus dapat hadir sebagai kelompok yang mampu mengkolaborasikan sistem sosial untuk menemukan solusi kongkrit dalam pemecahan masalah dan prolematika kedaerahan. Yakni melalui pemberian pelayanan bagi masyarakat, khususnya bagi warga tertimpa bencana tahun 2018.

“Teruslah lanjutkan pengabdian dan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan daerah yang tercinta, dalam semangat palu mantab bergerak,”pesan wali kota.

Dalam kegiatan ini Wali Kota Palu memberikan penghargaan kepada OPD Inovatif. Yakni Dinas Dukcapil Kota Palu, Dinas Penanaman Modal, PTSP Kota Palu, Bappeda Kota Palu, Dinas Sosial, Kesbangpol Kota Palu, Dinas Penataan Ruang, Dinas Perumahan, Satpol PP. (**/mdi/paluekspres)

Pos terkait