Ini Terobosan Gerakan Gali Gasa

  • Whatsapp
TANAM POHON - Kepala DLHK Palu, Musliman Dg Malappa didampingi Lurah Nunu, Iqbal menanam bibit pohon sebagai langkah memulai gerakan gali gasa, Sabtu 4 Maret 2017. Foto Hamdi Anwar
adv

PALU, PE – Gerakan Sabtu bersih sudah terealisasi disejumlah kelurahan di Kota Palu. Gerakan itu sebagai langkah awal mendukung gerakan gali gasa yang dicanangkan Walikota Palu.  Gerakan itu serempak dilakukan di Kelurahan Nunu, Palupi dan Walangguni, Sabtu 4 Maret 2017.

Kegiatan yang dilakukan adalah menanam bibit pohon serta membersihkan sampah di lokasi fasilitas-fasilitas umum.

Bacaan Lainnya

Iqbal, Lurah Nunu, mengaku telah memulai gerakan Sabtu bersih dengan melibatkan seluruh pejabat RW dan RT termasuk Tim Satgas K5. Gerakan Sabtu bersih menurutnya Ia lakukan dengan swadaya masyarakat.

“Swadaya murni dari masyarakat. Ini semua kita lakukan untuk menuju kelurahan bersih, beriman dan bertaqwa,”sebut Iqbal.

Pihaknya berharap Pemkot, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bisa menyalurkan bantuan baik bibit pohon maupun pelindungnya. Sehingga kedepan lokasi-lokasi yang masih gersang bisa segera ditanami pohon.

Kepala DLHK Palu, Musliman Dg Malappa menyebut, pihaknya memang akan menyediakan bibit pohon untuk kepentingan penghijauan kota.

“Kita memang menyiapakn bibit pohon mahoni. Lurah nanti tinggal menunjukkan lokasi-lokasi penanaman bibit,”kata Musliman.

Menurutnya, penghijauan dan gerakan kebersihan bukan semata tugas pemerintah. Masyarakat menurutnya perlu berpartisipasi untuk itu.

“Pelaku utamanya memang masyarakat. Namun pemerintah akan mendukung semua gerakan masyarakat,”jelas Musliman.

(mdi/Palu Ekspres)

Pos terkait