oleh

Pemkot Bagi Tong Sampah Hingga Orasi Propaganda

PALU, PE РSejumlah agenda kegiatan  akan menyemarakkan aksi gerakan gali gasa, Sabtu 11 Maret 2017 pekan ini.

Panitia pelaksana gerakan gasa memastikan sedikitnya 5000 peserta akan berpartisipasi menyukseskan aksi tersebut.

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan gerakan gali gasa 11 Maret yang dipimpin langsung Sekkot Palu, Asri, Kamis 9 Maret kemarin.

Gerakan gali gasa akan diisi dengan sejumlah agenda kegiatan yang dimaksudkan sebagai langkah awal memberi penyadaran bagi masyarakat Kota Palu tentang peduli kebersihan.

Panitia dalam hal ini lintas OPD Pemkot Palu, menyiapkan sedikitnya 2000 lembar seragam bertuliskan gerakan gali gasa.

Sebagaimana disebut Sekkot Palu dalam rapat itu, aksi akan dimulai dari lapangan Yonif 711 Jalan Emi Saelan sekitar pukul 07.00Wita Sabtu pagi. Gubernur Sulteng dijadwalkan hadir melepas peserta sekaligus memberi sambutan.

Selanjutnya massa aksi yang akan dipimpin langsung Walikota Palu perlahan-lahan bergerak menuju lokasi tugu batu Palu Nomoni di kawasan Pantai Talise.

Dalam perjalanan itu, massa akan membagikan kurang lebih 2000 tong sampah kepada pengendara roda dua dan empat.

Pembagian tong diikuti sekaligus penempelan stiker yang bertuliskan gerakan gali gasa. Adapun rute perjalanan massa antara lain Jalan Emi Saelan-Monginsidi. Kemudian menuju bundaran Jalan Hasanuddin depan POM.

Selanjutnya massa bergerak menuju perempatan Jalan Suharso untuk kemudian mengambil lokasi finish di tugu Palu Nomoni.

Dalam pergerakan massa menuju finish, Sekot memastikan pula mengisi kegiatan itu dengan orasi-orasi yang berisi propaganda masyarakat tentang pentingnya membangun prilaku dalam menjaga kebersihan kota. Orasi ini rencananya akan dimulai langsung Walikota Palu.

“Orasi ini bergantian disampaikan pejabat pimpinan tinggi lingkup Pemkot Palu dan perwakilan komunitas peduli lingkungan,”papar Sekkot.

Selain itu, massa juga akan membagikan instruksi Walikota Palu yang memuat ajakan peduli kebersihan kota. Termasuk aksi pungut sampah dalam rute yang dilalui massa aksi.
Dalam aksi gerakan gali gasa juga akan disemarakkan dengan lomba kreasi tong sampah.
Lomba ini rencananya akan digelar rutin untuk memperebutkan piala bergilir Walikota Palu.

Setibanya di lokasi finish, acara dilanjutkan dengan deklarasi gali gasa. Rencananya, Gubernur Sulteng juga akan turut menyampaikan orasi yang bersifat proganda tentang kebersihan yang dirangkai pembagian sapu lidi berikut kantong plastik.

Sekkot memastikan, panitia akan menyediakan konsumsi bagi massa aksi yang berpartisipasi.¬† “Akan ada perwali tentang pengelolaan persampahan yang diterbitkan setelah gerakan gali gasa itu,”jelas Sekkot.

(mdi/Palu Ekspres)

News Feed